Edukasi

RPTRA Taman Sena Gelar Kegiatan BERLIKA "Beranda Literasi Kota".

RPTRA Taman Sena Gelar Kegiatan BERLIKA

RPTRA Taman Sena Gelar Kegiatan BERLIKA "Beranda Literasi Kota".


Jakarta, 4 Desember 2023 - Taman Sena di Jakarta Utara menggelar kegiatan Berlika Beranda Literasi Kita pada hari senin, 4 Desember 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak.


Dalam Undang undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 disebutkan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. 


Kegiatan ini dibuka oleh Kasi Kesra Kelurahan Semper Barat Pak Hans Hamid. Dalam sambutannya, Pak Hans Hamid mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat.


"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan literasi masyarakat, khususnya anak-anak. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta," kata Pak Hans Hamid.


Kegiatan ini menghadirkan Kak Yudha sebagai Pendongeng serta moderator dan Kak Yana sebagai pendongeng dengan bonekanya Mamat Semesta.


Kak yuda memulai dongeng nya dengan Cerita Katak Tuli, Kisah Seekor Katak Tuli, Berhasil Mencapai Puncak Menara, Terkadang kita harus seperti katak tuli, jangan sekali-kali mendengar kata-kata negatif orang lain, jangan hiraukan komentar buruk yang melemahkan semangat kita. karena itu akan menjauhkan kita dari impian besar kita.

Dongeng kedua oleh kak yana dan mamat Semesta sebagai bonekanya Dengan cerita kura-kura terbang.

Kegiatan ini diikuti peserta dari murid murid TK Tunas Bangsa dan TK Bunga Sakura  wilayah Semper Barat, Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mendengarkan cerita Kak Yana dengan penuh perhatian.

Selanjutnya di isi dengan berbagai kegiatan antara lain Membacakan Buku 100 kata, Mewarnai, Nyanyi lagu lagu anak, Kereta cinta bermain dan bernyanyi Naik kereta api,  Pinata Candy... (setel lagu tiba-tiba; terbang ke bulan, menuju bintang2).


Di akhir kegiatan, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada Kak Yudha 


Kegiatan Berlika "Beranda Literasi Kita" ini mendapat sambutan yang positif dari para peserta. Mereka berharap kegiatan ini dapat diadakan secara rutin.


"Kegiatan ini sangat bagus. Anak-anak menjadi lebih tertarik untuk membaca," kata salah satu peserta, Ibu Suci.


"Kak Yana berceritanya sangat menarik. Saya jadi ingin jadi penulis juga," kata peserta lainnya, Nadia.

Bagikan: