(62-21) 4303111

BERITA

Wujudkan Jakarta Utara Stop BABS, Walikota Hadiri Deklarasi Di Kelurahan Sunter Jaya

  • Beranda
  • Berita
  • Wujudkan Jakarta Utara Stop BABS, Walikota Hadiri Deklarasi Di Kelurahan Sunter Jaya

Wujudkan Jakarta Utara Stop BABS, Walikota Hadiri Deklarasi Di Kelurahan Sunter Jaya

Kominfotik JU - Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menghadiri deklarasi Stop Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Kelurahan Sunter Jaya, Kamis (17/11). Pada deklarasi ini seluruh wilayah didorong untuk melakukan hal yang sama guna mewujudkan Jakarta Utara zero BABS. 

"Saya senang dan apresiasi untuk Kelurahan Sunter Jaya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Saya mau ini menjadi sedikit motivasi untuk kelurahan yang lain, supaya bisa merealisasikan zero BABS di Jakarta Utara," kata Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim. 

Ali meminta pada semua (camat dan lurah) yang hadir dapat melaksanakan stop BABS di wilayahnya.  "Sesuaikan dengan karakteristik wilayah masing-masing. Jangan jadikan wilayah kaya atau miskin menjadi alasan karena ini terkait dengan prilaku. Jangan menghakimi orang miskin itu tidak ngerti kesehatan, tentang agama, tentang adat-istiadat, ini hanya perilaku dan inilah yang menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk merubahnya, menjadi lebih sadar, lebih care kepada lingkungan juga kepada masyarakat," ucapnya. 

Ali berharap dengan deklarasi Stop BABS yang dilakukan oleh Kelurahan Sunter Jaya, Kota Jakarta Utara dapat mengikuti verifikasi penghargaan kota sehat tingkat Wistara.  "Ketuk dan tularkan informasi yang baik di Sunter Jaya ini. Meski di tengah suasana hujan, tidak bisa membubarkan  komitmen, semangat kita semua untuk datang ke sini. Terkait persyaratan agar bisa ikut verifikasi penghargaan kota sehat tingkat Wistara, semua wilayah harus sudah 100 persen stop BABS. Saya mau Jakarta Utara ke depannya mendapat penghargaan tingkat Wistara, untuk itu baik kecamatan dan kelurahan lainnya harus segera mengikuti, mencontoh apa yang sudah dilakukan Kelurahan Sunter Jaya," tuturnya. 

Untuk diketahui, selain kegiatan deklarasi Stop Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS), pada kegiatan ini juga dilakukan launching Pos Sapa Kelurahan Sunter Jaya dan Sekolah Lansia, dimana diserahkan Sertifikat oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Utara, Yenny Nursanti Ali kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Sunter Jaya, Widi Alfianti. Sekolah Lansia diharapkan dapat menjadi media para lansia dapat memaksimalkan waktu luang, mandiri, dan aktif. Selain itu Pos Sapa juga berfungsi sebagai pos sahabat perempuan dan anak sebagai bentuk kontribusi rumah konsultasi nirmala untuk membantu jika diperlukan bagi perempuan dan anak yang memerlukan konsultasi rumah tangga atau jika mengalami KDRT.