Kelurahan Kalibaru


-- Tidak Ada Informasi --
-- Tidak Ada Informasi --
-- Tidak Ada Informasi --
BAKTI KITA UNTUK JAKARTA KELURAHAN KALIBARU

Hari ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air terus melakukan berbagai upaya dan gerak cepat dalam penanganan banjir/genangan di DKI Jakarta. Sesuai dengan Insekda  DKI Jakarta Nomor 98 Tahun 2023 Tentang Perubahan Nomor 97 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Kegiatan Bakti Kita Untuk Jakarta Maka Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan  Kegiatan Kerja Bakti Massal tersebut di  setiap wilayah RW 01 sampai dengan RW 15 Minggu (19/11/2023). 

Untuk diketahui, aksi ini diikuti sebanyak 200 orang yang terdiri dari ASN, Satpol PP, Puskesmas Kecamatan Cilincing, Puskesmas Kalibaru, PJLP, RT, RW, LMK, FKDM, Karang Taruna, Kader PKK, Kader Jumantik, Kader Dasawisma, dan masyarakat di lingkungan Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara.

Sebelum melaksanakan giat kerja bakti masal dilakukan apel kesiapan pada pukul 06.00 WIB di SDN 09 Kalibaru (RW 01).

 

Kegiatan bertema 'Bakti Kita Untuk Jakarta' ini dilakukan untuk meningkatkan kesiapan menghadapi musim hujan dan antisipasi banjir. kerja bakti massal bersama seluruh lapisan masyarakat Jakarta sekaligus membangkitkan kembali semangat gotong royong yang menjadi budaya Indonesia juga memupuk rasa kecintaan dan kepemilikan setiap warga terhadap kotanya.

 

Kegiatan tersebut mendapat sambutan hangat dari seluruh  masyarakat Kelurahan Kalibaru. 

Apel Pagi di Kantor Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilincing: Mempererat Kekompakan untuk Pelayanan Masyarakat yang Lebih Baik


Jakarta Utara, Senin, 15 Januari 2024 - Apel Pagi yang dipimpin oleh Lurah Kelurahan Kalibaru Drs. Rusmin, M.Si berhasil menyatukan semangat 30 peserta, terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Jasa Lainnya (PJLP), di Halaman Kantor Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Kota Administrasi Jakarta Utara.

Acara ini dimulai dengan penuh semangat oleh seorang MC yang memandu jalannya Apel Pagi ini.

Selain memberikan arahan tentang kekompakan dalam melayani masyarakat, Apel Pagi ini juga dirancang sebagai ajang silaturahim antar peserta. Rangkaian acara tersebut memberikan ruang untuk membangun kedekatan di antara mereka.

Acara berlangsung pada Senin, 15 Januari 2024, membawa semangat baru pada awal pekan para pegawai kantor Kelurahan Kalibaru.

Apel Pagi ini bertujuan untuk memberikan arahan dan semangat kepada peserta agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Kekompakan dianggap sebagai kunci utama dalam mencapai pelayanan yang optimal.

Lurah Kelurahan Kalibaru sekaligus menjadi narasumber utama dengan menyampaikan materi tentang pentingnya kekompakan dalam menjalani tugas sehari-hari. Dengan analogi yang menarik, beliau menggambarkan kekompakan seperti musik Angklung yang jika dimainkan bersamaan, dapat mengeluarkan suara dan irama yang sangat indah. Pesan ini diharapkan dapat menginspirasi para peserta untuk bersatu padu dalam melayani Masyarakat.

Dengan semangat kebersamaan yang ditanamkan dalam Apel Pagi ini, diharapkan kantor Kelurahan Kalibaru dapat lebih efektif dan responsif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat.

Monitoring Posyandu Balita dan Lansia di Kelurahan Kalibaru; Upaya Meningkatkan Gizi dan Kesehatan

Lurah Kelurahan Kalibaru Monitoring Posyandu Balita dan Lansia, dihadiri oleh 482 balita dan 327 lansia.

Pada Selasa, 16 Januari 2024, dilakukan kegiatan memberikan asupan makanan bergizi dan sehat kepada balita (bayi di bawah lima tahun) dan lansia (lanjut usia), serta melakukan pengecekan kesehatan bagi mereka.

Kegiatan berlangsung di Wilayah Kelurahan Kalibaru, yang terletak di Wilayah RW 03, 06, 07, 08, 09, dan 12.

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa gizi balita dan lansia tercukupi sekaligus memonitoring tumbuh kembang balita dan memonitoring kondisi kesehatan para lansia.

Lurah Kelurahan Kalibaru menyampaikan harapannya agar semua anak-anak dan lansia di wilayah Kalibaru dapat memiliki gizi yang mencukupi dan tetap sehat, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para kader yang telah membantu dalam proses monitoring dan memberikan kudapan bergizi kepada balita dan lansia. Dengan kolaborasi ini, diharapkan  masyarakat Kalibaru dapat terus meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi generasi masa depan.

Panen Sukses Pakcoy Hidroponik di Kelurahan Kalibaru: Pemanfaatan Lahan Terbatas untuk Hasil Maksimal

Jakarta, 17 Januari 2024 - Lurah Kelurahan Kalibaru beserta Jajarannya bersama anggota PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan PPSU (Petugas Penanganan Sarana Umum) Kelurahan Kalibaru, merayakan kesuksesan panen pakcoy hidroponik yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Januari 2024, di Taman Kantor Kelurahan Kalibaru

Hasil panen pakcoy hidroponik mencapai berat total sebesar 8,5 kg dalam kurun waktu 36 hari, menunjukkan hasil yang sangat memuaskan

Taman Kantor Kelurahan Kalibaru dipilih sebagai lokasi panen guna memanfaatkan sedikit lahan yang tersedia dengan efisiensi maksimal, Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan contoh bahwa pertanian hidroponik dapat diimplementasikan bahkan dalam ruang terbatas, seperti perkotaan.

"Memanfaatkan lahan yang terbatas, kita berhasil mencapai hasil panen yang memuaskan. Kegiatan panen pakcoy hidroponik ini merupakan upaya konkret dalam mempertahankan stok pangan tanaman yang sehat dan berkualitas di lingkungan Kelurahan Kalibaru," ujar Lurah Kelurahan Kalibaru.

Lurah Kalibaru juga menyampaikan harapannya agar kegiatan tanam hidroponik terus berlanjut dan berkembang. Dengan melibatkan masyarakat melalui PKK dan PPSU, dan kegiatan ini berkomitmen untuk terus mendukung pertanian urban sebagai solusi cerdas untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal

Dengan demikian, panen pakcoy hidroponik di Taman Kantor Kelurahan Kalibaru tidak hanya menciptakan hasil yang optimal dalam konteks pertanian, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat perkotaan untuk mengadopsi metode pertanian inovatif guna memanfaatkan lahan terbatas dengan efisiensi tinggi.

Kelurahan Kalibaru Bentuk Posko Bersama untuk Pemilu Tahun 2024

Jakarta, 18 Januari 2024 - Kelurahan Kalibaru secara resmi membentuk Posko dalam menyambut Pemilu Tahun 2024 dengan membentuk Posko Bersama yang melibatkan perangkat daerah, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), Babinsa, dan Satpol PP. Posko ini bertujuan untuk menjaga situasi Pemilu tetap kondusif dan memberikan informasi terkait proses pemilihan.

Posko Pemilu ini berlokasi di Kantor Lurah Kelurahan Kalibaru. Tujuan utama Posko ini adalah untuk memberikan informasi terkait pemilu kepada warga di wilayah Kelurahan Kalibaru. Melalui kehadiran perangkat daerah, Posko ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai proses dan pentingnya Pemilu yang akan berlangsung dalam 27 hari mendatang.

Salah satu fungsi utama Posko ini adalah menjaga situasi Pemilu tetap aman dan kondusif. Setiap harinya, pos ini tidak pernah kosong, karena diatur dengan jadwal piket sehingga selalu ada yang menjaganya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat dapat mendapatkan bantuan atau informasi kapan pun dibutuhkan.

Selain menjaga situasi keamanan, Posko Pemilu ini juga berperan aktif dalam membantu masyarakat terkait lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 222 TPS yang berada di wilayah Kelurahan Kalibaru. Dengan adanya pos ini, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengetahui informasi terkait TPS dan proses pemilihan sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024.

Posko Bersama Pemilu Tahun 2024 di Kelurahan Kalibaru merupakan upaya bersama untuk menciptakan pemilu yang transparan, aman, dan partisipatif. Dengan melibatkan berbagai pihak, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih terlibat dan mendapatkan informasi yang akurat terkait Pemilu Tahun 2024.

Gerakan Tanam Cabai Serentak Se_Provinsi DKI Jakarta

Lurah Kelurahan Kalibaru, beserta Ibu Lurah, dan didampingi oleh anggota PKK, melakukan Gerakan Tanam Cabai Serentak sebagai upaya untuk mengatasi kenaikan harga cabai di pasaran. Acara ini berlangsung di taman di sekitar halaman Kantor Kelurahan Kalibaru pada Jum'at, 19 Januari 2024.


Dalam kegiatan tersebut, Lurah Kelurahan Kalibaru bersama Ibu Lurah turut serta dalam menanam pohon cabai sebagai bagian dari Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Provinsi DKI Jakarta, Meskipun cuaca sedang hujan rintik-rintik, para peserta tetap semangat dalam menjalankan kegiatan tersebut.


Gerakan Tanam Cabai Serentak ini diinisiasi sebagai respons terhadap harga cabai di pasaran yang seringkali terjadi kenaikan. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi cabai secara mandiri dan mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar.

Menurut Lurah Kelurahan Kalibaru, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dalam menciptakan ketahanan pangan di tingkat lokal. "Kami ingin memotivasi masyarakat untuk turut serta dalam menanam tanaman yang dapat mengurangi beban biaya hidup, serta meningkatkan kesejahteraan," ungkapnya.


Dalam upaya mendukung kegiatan ini, PKK ikut berperan aktif dengan memberikan edukasi terkait teknik menanam yang baik dan benar. Mereka berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi momen seremonial semata, tetapi juga dapat memicu semangat masyarakat untuk melakukan tanam cabai di lingkungan mereka masing-masing.

Pelantikan KPPS Pemilu 2024 se-Kota Jakarta Utara Dilaksanakan Secara Virtual di Stadion Mini Kalibaru

Pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 di seluruh Kota Jakarta Utara digelar secara virtual hari ini, Kamis, 25 Januari 2024. Acara ini bertempat di Stadion Mini Kalibaru, dengan dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan, termasuk Kasie Pemerintahan dan Sekretaris Lurah Kalibaru yang mewakili Lurah Kalibaru, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, LMK, FKDM, Karang Taruna, dan PPS Kelurahan Kalibaru.


Pelaksanaan pelantikan ini digelar secara virtual dan menjadi momen penting dalam persiapan Pemilu 2024 di Kota Jakarta Utara. Acara ini diadakan sebagai langkah awal untuk menjamin kesiapan dan profesionalisme KPPS dalam menjalankan tugasnya pada saat pemungutan suara.


Sumpah dan janji tugas menjadi fokus utama dalam pelantikan ini, di mana setiap anggota KPPS berkomitmen untuk melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, adil, dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Acara ini juga menjadi momen untuk mempererat komunikasi dan kerjasama antarpihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan.


Pasca pelantikan, para anggota KPPS diharapkan dapat lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya. Untuk mendukung hal tersebut, akan dilakukan pembinaan berupa bimbingan teknis (bimtek) pada tanggal 29 hingga 31 Januari 2024. Bimtek ini akan menjadi ajang untuk meningkatkan pemahaman praktis anggota KPPS terkait proses pemungutan suara, teknis penggunaan alat pemungutan suara, serta penanganan situasi darurat yang mungkin terjadi.


Konfirmasi mengenai pelaksanaan bimtek ini disampaikan oleh Ketua dan anggota PPS, yang akan dimulai pada pukul 09.00 hingga 18.00. Tempat pelaksanaannya akan berlangsung di Grand Mercure Kemayoran. Pelaksanaan bimtek diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai bagi anggota KPPS sehingga mereka siap menghadapi segala tantangan dan memastikan berlangsungnya pemilihan yang demokratis dan transparan di Kota Jakarta Utara.

Koramil Dalam rangka melaksanakan program Penghijauan

Selasa, 06 Februari 2024, Danramil beserta 10 anggotanya turut serta dalam program penghijauan di Taman Tanggul PT. PIN  

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Lurah Kalibaru. Turut membantu adalah PT. Justus Sakti Raya yang menyumbangkan bibit tanaman, PT. Komatsu dan Koramil-05/Cilincing yang memberikan bantuan sembako. didukung oleh 20 personil PPSU Kelurahan Kalibaru

Adapun beberapa kegiatan ini seperti penanaman 30 pohon, terdiri dari 20 pohon mangga dan 10 pohon sukun. Selain itu, ada pembagian sembako kepada 20 Personil PPSU Kalibaru.

Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar, menciptakan udara yang sejuk, dan mempercantik area sekitar sehingga menjadi asri.

Kegiatan ini juga memiliki dampak positif dalam mengembangkan tempat wisata. Melalui penanaman pohon ini, diharapkan Taman Tanggul PT. PIN  menjadi tempat yang nyaman dan menarik bagi masyarakat sekitar. Dengan keterlibatan berbagai pihak, termasuk perusahaan dan pemerintah setempat, program penghijauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi lingkungan dan warga sekitar.

Pelaksanaan Apel dan Penurunan APK Menuju Masa Tenang Pemilu 2024

Pada tanggal 11 Februari 2024, Lurah Kelurahan Kalibaru beserta jajarannya menggelar acara penting yang melibatkan berbagai elemen seperti, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, FKDM, LMK, PKD, dan PPSU Kelurahan Kalibaru. 

Acara ini bertujuan untuk memperkuat kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan serta memastikan kesejukan dalam menjelang Pemilihan Umum 2024.

Acara dimulai dengan apel pagi Setelah itu, dilakukan penurunan APK (Alat Peraga Kampanye) yang meliputi baliho, bendera, spanduk, dan poster. Langkah ini diambil sebagai bagian dari persiapan menuju masa tenang Pemilu 2024, di mana peraturan mengenai penempatan APK harus dipatuhi dengan ketat.

Lokasi kegiatan ini tidak lain adalah di wilayah Kelurahan Kalibaru sendiri. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu mengembalikan keindahan wilayah serta menciptakan suasana yang tertib dan aman bagi seluruh masyarakat. Tidak hanya sekadar mematuhi aturan, tetapi juga menjaga harmoni dan kerukunan antarwarga di lingkungan sekitar.

Dengan demikian, pelaksanaan apel pagi dan penurunan APK di Kelurahan Kalibaru bukan hanya menjadi simbol persiapan menghadapi Pemilu 2024, tetapi juga sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan lingkungan demi kebaikan bersama.

Apel Kesiap Siagaan Petugas Ketertiban dan Pengamanan (Pamsung) Pemilu 2024.

Hari ini, pada Selasa, 13 Februari 2024, Halaman Kantor Kelurahan Kalibaru menjadi saksi dari pelaksanaan Apel Kesiapan Siagaan Petugas Ketertiban dan Pengamanan (Pamsung) TPS Pemilu 2024. Acara ini dipimpin langsung oleh Lurah Kelurahan Kalibaru, yang memulai kegiatan dengan nyanyian lagu Indonesia Raya, menghadirkan semangat kebangsaan dalam diri seluruh peserta.


Dihadiri oleh sekretaris Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, PPS, LMK, FKDM, dan 222 Petugas Pamsung, acara ini bertujuan untuk mempersiapkan semua pihak yang terlibat agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik saat pelaksanaan Pemilu 2024.


Pada kesempatan ini, dilakukan pembagian Handband (ban lengan) kepada para petugas Pamsung sebagai simbol kesiapan mereka dalam mengamankan TPS pada saat pencoblosan. Apel ini menjadi sarana penting untuk memastikan bahwa semua petugas Pamsung memahami tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik.


Acara ini juga dijadikan momentum untuk mengingatkan semua pihak akan pentingnya menjaga marwah dan bartabat wilayah Kelurahan Kalibaru. Para peserta diharapkan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya demi terciptanya suasana Pemilu yang aman, tertib, dan damai.

Pemerintah Kelurahan Kalibaru Bergerak Aktif Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Pada selasa, 20 Februari 2024, Pemerintah Kelurahan Kalibaru bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, LMK, FKDM, serta Satpol PP Kalibaru dan Satpol PP Kecamatan Cilincing, secara bersama-sama melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba di Wilayah Kalibaru.

Dalam upaya untuk mencegah penyebaran narkoba dan melindungi masyarakat dari dampak negatifnya, Lurah dan Kasie Pemerintahan Kalibaru memimpin kegiatan ini. Mereka membawa spanduk yang mencetuskan slogan "Cegah Narkoba menuju Indonesia Bersinar" sebagai bagian dari kampanye bersih dari narkoba.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penggunaan narkoba yang dapat merugikan individu dan lingkungan sekitarnya. Pemerintah setempat ingin mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan menjauhi penggunaan narkoba dengan melakukan kegiatan positif.

Melalui langkah-langkah ini, Pemerintah Kelurahan Kalibaru berharap dapat menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari pengaruh buruk narkoba. Dengan melibatkan berbagai pihak dan menggunakan berbagai cara sosialisasi, mereka berupaya keras untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjauhi Narkoba.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen yang kuat dari Pemerintah setempat dalam memerangi penyalahgunaan Narkoba dan mendorong Masyarakat untuk hidup lebih baik dan lebih sehat

-- Tidak Ada Informasi --