(62-21) 4303111

BERITA

UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan Angkat Sampah Untuk Jaga Kebersihan Dan Luas Waduk Pluit

  • Beranda
  • Berita
  • UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan Angkat Sampah Untuk Jaga Kebersihan Dan Luas Waduk Pluit

UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan Angkat Sampah Untuk Jaga Kebersihan Dan Luas Waduk Pluit

Kominfotik JU - Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Kecamatan Penjaringan melakukan pengerukan sampah di Waduk Pluit. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan sekaligus menjaga luas waduk dalam menampung air. 

"Sampah-sampah yang dibersihkan adalah eceng gondok dan sampah warga yang dibuang ke waduk," kata Pengawas Lapangan UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan, Rabiulla, Kamis (1/12). 

Rabiulla menerangkan dalam kegiatan ini dikerahkan tujuh unit alat untuk mengangkat sampah.  "Untuk membersihkan Waduk Pluit, sebanyak tujuh alat berat kami turunkan, empat unit dredger ponton, satu unit ampibius excavator ultratrex, dan dua unit kapal berky. Selain itu, untuk menyisir sampah pada lokasi-lokasi yang sulit dijangkau alat berat beberapa petugas badan air juga diterjunkan ke sana. Setiap harinya kami dapat mengumpulkan 18 meter kubik sampah, tetapi saat hujan deras beberapa waktu lalu berhasil kami kumpulkan 63 meter kubik sampah," ungkapnya. 

Rabiulla mengimbau kepada warga di sekitar Waduk Pluit untuk mau berkolaborasi menjaga kebersihan.  "Mohon kerjasamanya, kesadarannya untuk tidak membuang sampah di Waduk Pluit. Kami akan membantu warga untuk mengangkat sampah, cukup letakan di tempat yang sudah disediakan, jangan dibuang ke Waduk, supaya waduk tetap bersih dan dapat menampung air dengan baik sebagaimana fungsinya," tuturnya.