(62-21) 4303111

BERITA

Sudin Perpusip Jakut Luncurkan Kegiatan Olimpiade Literasi 2023

  • Beranda
  • Berita
  • Sudin Perpusip Jakut Luncurkan Kegiatan Olimpiade Literasi 2023

Sudin Perpusip Jakut Luncurkan Kegiatan Olimpiade Literasi 2023

KOMINFOTIK JU - Sudin Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kota Administrasi Jakarta Utara meluncurkan kegiatan Olimpiade Literasi 2023 yang berlangsung secara daring dan luring di Pojok Baca Digital (POCADI), Lobi Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (25/1). Edisi perdana di bulan Januari 2023 mengangkat tema pelatihan esai bagi pelajar tingkat SMP dan SMA di Jakarta Utara.

" Atas arahan bapak Walikota Jakarta Utara, kita telah melaksanakan 2 kegiatan berurutan yaitu Festival Literasi Sepanjang Tahun edisi Januari-Desember 2022. Pada waktu festival tersebut segmen pesertanya adalah anak-anak usia dini, TK, SD, TBM, dan PAUD dengan tujuan pengenalan literasi," ungkap Kasudin Perpusip Kota Administrasi Jakarta Utara, Ahmad Yani.

Pada tahun ini, ia menyatakan akan melaksanakan kegiatan literasi dengan nama Olimpiade Literasi yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan literasi. "Segmen pesertanya bergeser kepada anak-anak usia remaja SMP dan SMA. Konsep dasarnya adalah 5 bulan pertama kita berikan materi-materi yang berbeda terkait literasi kemudian di bulan keenam baru diadakan lomba-lomba materi tersebut," terangnya.

Untuk peserta Olimpiade Literasi terbuka bagi seluruh pelajar SMP dan SMA se-Jakarta Utara. "Gambaran kegiatan lombanya meliputi menulis, mendongeng, dan membaca. Diharapkan melalui kegiatan ini akan mengasah keterampilan literasi para pelajar Jakarta Utara," tutur Ahmad Yani.

Saat acara peluncuran kegiatan Olimpiade Literasi dihadiri oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Alwi dan Kasudin Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Utara, Herlinda Harmaini. "Pada hari ini sebagai awal kegiatan edisi Januari di kegiatan Olimpiade Literasi dengan tema pelatihan esai Selamat mengikuti kegiatan pada hari ini semoga kita semua mendapatkan manfaat dan ilmu yang luar biasa serta meningkatkan keterampilan para siswa dan siswi di bidang penulisan," ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Alwi.

Pelaksanaan kegiatan Olimpiade Literasi disambut antusiasi oleh para pelajar Jakarta Utara khususnya siswi SMAN 80 Jakarta, Sheila Azizah. "Berkesan banget karena aku tuh pernah daftar beasiswa ke luar negeri dengan esai dan memang itu dibutuhkan. Adanya pelatihan esai disini dapat memudahkan dan melatih kemampuan esai aku," ucapnya.