(62-21) 4303111

BERITA

Sudin Nakertrasgi Jakarta Utara Gelar Pelatihan Satuan Pengamanan Kualifikasi Gada Pratama

  • Beranda
  • Berita
  • Sudin Nakertrasgi Jakarta Utara Gelar Pelatihan Satuan Pengamanan Kualifikasi Gada Pratama

Sudin Nakertrasgi Jakarta Utara Gelar Pelatihan Satuan Pengamanan Kualifikasi Gada Pratama

Kominfotik JU - Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Utara membuka pelatihan Satuan Pengamanan Kualifikasi Gada Pratama di Halaman Plaza Barat Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (21/9). Sebanyak 75 orang mengikuti kegiatan ini. 

"Dalam kegiatan pelatihan satuan pengamanan setiap wilayah kota administrasi melaksanakan kegiatan untuk satu angkatan, di mana satu angkatan terdiri dari 75 peserta pelatihan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah.

Andri menambahkan ada dua target yang ingin diraih dalam kegiatan pelatihan Satuan Pengamanan Kualifikasi Gada Pratama ini. "Yang pertama para peserta pelatihan setelah dilatih oleh bapak-bapak dari Polda Metro Jaya bisa mendapat pekerjaan. Ini merupakan salah satu tugas utama dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta untuk menanggulangi masalah pengangguran. Kedua di samping mendapatkan pekerjaan, peserta pelatihan dapat turut serta menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan karena Polri tidak mungkin bisa mengcover setiap jengkal wilayah yang ada di DKI Jakarta untuk menjaga keamanan ketertiban, oleh karenanya dibutuhkan peran masyarakat utamanya yaitu tenaga-tenaga satuan pengamanan," ungkapnya.

Sementara Kasubdit Binmas Polda Metro Jaya, AKBP Sujanto mengatakan sangat mendukung kegiatan pelatihan ini. "Sebagai anggota kepolisian, ketika ada warga yang mengambil peran aktif untuk menciptakan atau mencetak orang keamanan, kami pasti sangat senang dan welcome, karena kita tahu, polisi tidak mungkin mampu ciptakan keamanan masyarakat sendirian tanpa bantuan dari masyarakat itu sendiri," katanya.

Sujanto berjanji akan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh Sudin Nakertrasgi Jakarta Utara. "Kami sangat senang ketika Sudin Nakertrasgi Jakarta Utara melaksanakan kegiatan pelatihan ini. Pasti kami siap mensupportnya dengan memberikan materi yang dibutuhkan di lapangan. Para peserta nanti akan kami bekali mereka dengan kemampuan kepolisian terbatas untuk mendukung peserta," ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan Satuan Pengamanan Kualifikasi Gada Pratama ini akan dilaksanakan selama 17 hari, yakni dimulai tanggal 19 September sampai dengan 5 Oktober 2022. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Sudin Nakertrasgi Jakarta Utara dengan PT Sigap Prima Astrea. Hadir dalam pembukaan kegiatan ini adalah Asisten Pemerintahan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Iyan Sofian Hadi, Kasudin Nakertransgi Jakarta Utara, Noviar Dinaryanti, dan Presiden Direktur PT Sigap Prima Astrea, Suwito.