Berita Jakarta Utara

PKK Sunter Agung Daur Ulang Kantong Plastik Jadi Hasil Kerajinan

KOMINFOTIK JU - Mengolah sampah kantong plastik menjadi hasil kerajinan tangan yang bernilai ekonomis mampu diwujudkan oleh sekelompok ibu-ibu PKK RW 01 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok. Dengan label Karya Cempaka Handy Craft, ibu-ibu PKK menyulap tumpukan sampah kantong plastik menjadi rajutan tas, taplak, sarung tumbler, dompet dan lain-lain.

"Awalnya, kita lihat banyak sampah kantong plastik dibelakang terus kepikiran untuk memanfaatkan limbah plastik itu menjadi hasil kerajinan tangan. Bahan bakunya mudah didapatkan kemudian mulai kita olah di bulan Januari 2019," terang Priyati (53), warga RW 01 Sunter Agung, Rabu (24/4).

Inovasi mendaur ulang sampah kantong plastik itu mendapatkan apresiasi dari jajaran Kelurahan Sunter Agung dan Kecamatan Tanjung Priok. "Alhamdulillah, atas apa yang sudah kita lakukan ini mendapatkan penghargaan sebagai Juara I UP2K lomba 10 program pokok PKK tingkat Kecamatan Tanjung Priok dan maju ke tingkat kota Jakarta Utara," jelasnya.

Ia pun mengakui bahwa merajut kantong plastik lebih rumit dibanding menggunakan bahan benang wol ataupun monte. "Merajut kantong plastik lebih rumit tapi karena saya memang hobby merajut jadi dinikmati saja. Satu dompet itu membutuhkan 6 sampai 7 kantong plastik dan dikerjakan selama 2 hari," tutur Priyati yang sudah menekuni rajutan tangan sejak 5 tahun lalu.

Berbagai hasil rajutan tangan bahan baku kantong plastik, wol dan monte dipajang di dalam rumahnya. "Hasil rajutan wol dihargai mulai Rp 5.000 sampai Rp 250 ribu. Kalau yang bahan kantong plastik sudah ada yang pesan dengan harga mulai dari Rp 50 ribu," ujarnya.

Saat meninjau lokasi UP2K, Wakil Ketua I TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti mengaku kagum dengan kreativitas dari ibu-ibu PKK Kelurahan Sunter Agung. "Sampah plastik diolah jadi hasil kerajinan tangan yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Tingkatkan terus kreativitas agar karya yang dihasilkan semakin memiliki nilai yang tinggi," pesannya.

Sosialisasi Bahaya Pungli Bagi Pengelola RPTRA Jakut

KOMINFOTIK JU - Seratus pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) perwakilan dari 6 kecamatan mengikuti sosialisasi saber pungli yang diadakan tim pencegahan saber pungli tingkat kota administrasi Jakarta Utara di Kantor Sudin PPAPP Jakarta Utara, Rabu (24/4).

Tim pencegahan saber pungli Jakarta Utara memberikan tambahan wawasan seputar pencegahan tindakan pungli yang dapat meresahkan masyarakat. Adapun materi yang disampaikan meliputi dasar hukum saber pungli, visi dan misi unit pemberantasan pungli, lokasi yang rawan terjadinya pungli dan lain-lain.

"Apa yang disampaikan tim pencegahan saber pungli menjadi tambahan informasi yang sangat penting agar kita bisa terhindar dari bahayanya tindakan pungli. Informasi ini bisa diaplikasikan dan disebarkan lagi kepada teman-teman, rekan kerja dan keluarga," ujar Sudarwanto, perwakilan Sudin PPAPP Jakarta Utara.

Sedangkan tim pencegahan saber pungli yang hadir langsung dalam sosialisasi tersebut diantaranya Farlen Simamora dan Sion Sinaga dari Inspektorat Jakut, Sudarwanto, Sudin PPAPP Jakut, Kompol Sukisno, Kasubagkum Polres Metro Jakut dan AKP. Edy Tarmedi, Kasubagkum Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

"Terima kasih kepada tim saber pungli yang sudah mengingatkan kita semua untuk lebih waspada terhadap tindakan pungli yang rentan terjadi dimana saja. Saya harap tim saber pungli bisa melibatkan masyarakat untuk menjadi relawan saber pungli," ungkap Suto selaku Kordinator RPTRA.

Wilayah Kelapa Gading dan Tanjung Priok Dikunjungi Tim Pembina

KOMINFOTIK JU - Tim pembina peningkatan prestasi 10 program pokok PKK tingkat kota administrasi Jakarta Utara melakukan evaluasi lapangan ke 6 kecamatan. Hari pertama, tim akan berkunjung ke wilayah Kecamatan Kelapa Gading dan Tanjung Priok.

"Ini adalah pembinaan dari tingkat kota tentang pelaksanaan 10 program pokok PKK di masing-masing kecamatan. Dari hasil pembinaan ini akan didapatkan kandidat terbaik yang kemudian diajukan ke tingkat DKI Jakarta sebagai perwakilan Jakarta Utara," jelas Yenny Nursanti, Wakil Ketua I TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara saat memantau pembinaan tertib administrasi di RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Rabu (24/4).

Sedangkan kategori kegiatan peningkatan prestasi 10 program pokok PKK terdiri dari Pokja I dengan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAR), Pokja II Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pokja III Hatinya PKK, Pokja IV IVA Test dan Sekretariat PKK dengan tertib administrasi PKK.

Usai berkunjung ke wilayah Kecamatan Kelapa Gading, tim pembina tingkat kota melanjutkan perjalanannya ke wilayah Kecamatan Tanjung Priok untuk melihat langsung lokasi-lokasi yang mewakili kegiatan Pokja I sampai Pokja IV dan Sekretariat PKK.

"Tim yang hadir disini merupakan gabungan dari sejumlah UKPD dan pengurus PKK tingkat kota administrasi Jakarta Utara. Manfaatkan pembinaan ini untuk menggali informasi dan menambah wawasan bagi PKK Kelurahan dan Kecamatan," ungkapnya.

Pencanangan HUT DKI ke-492 di Jakut Putar Video Wajah Baru Jakarta  

KOMINFOTIK JU – Persiapan Pencanangan HUT DKI ke-492 oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara sudah mencapai 90 persen. Video Wajah Baru Jakarta akan diputar dalam acara yang rencananya digelar di Kampung Akuarium, Penjaringan pada Sabtu (27/4).

Asisten Perekonomian, Pembangungan, dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Suroto memastikan, setiap Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD) terkait sudah mempersiapkan segala keperluan guna menunjang kesuksesan acara. Termasuk pemutaran video Wajah Baru Jakarta berdurasi 04.33 menit.

“Hari ini kita memastikan persiapan Pencanangan HUT DKI ke-492. Acaranya Sabtu Pagi Jam 7 di Kampung Akuarium, Penjaringan. Persiapannya sudah 90 persen, 10 persen sisanya tinggal implementasinya saja,” kata Suroto, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (24/4).

Dijelaskannya, pemutaran video bermaksud memaparkan kepada masyarakat terkait hasil kinerja selama dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan.

Dalam video garapan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta itu, ditampilkan sejumlah program baru, antara lain Musik Tepi Barat, Ramah Pejalan Kaki, Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Kekinian, Jak Lingko (transportasi terintegrasi), Ruang Terbuka Publik, hingga Spot Swafoto di Kepulauan Seribu.

“Untuk program baru di Jakarta Utara seperti tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), enam ruas jalan Tol, hingga Lintas Rel Terpadu (LRT),” jelasnya.

Selain itu, dia menerangkan acara akan dirangkai dengan penanaman sejumlah pohon Nyamplung khas Jakarta Utara, pemberian benih ikan, bazar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), hingga penampilan ciamik dari Abang-None Jakarta Utara dan Marching Band dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jalasena.

“Persiapan fisik di lapangan juga sudah dilakukan. Mulai dari pengaspalan hingga persiapan penanaman pohon,” tutupnya.

Pemkot Jakarta Utara Bersama BNNK Bentuk TIM 10 Relawan Anti Narkoba

Kominfotik JU - Berbagai upaya pemberantasan narkoba terus dilakukan Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Jakarta Utara, dimulai dari sosialisasi bahaya narkoba, pembentukan kewirausahaan sampai dengan perekrutan relawan anti narkoba.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Wawan Budi Rohman mengatakan jika kerja keras BNNK Jakarta Utara memberantas narkoba sangat diapresiasi. "Dengan banyaknya terobosan dan inovasi yang dilakukan untuk menciptakan Jakarta Utara bersih dari narkoba," katanya di Lantai II Balai Yos Sudarso Kantor Walikota Jakarta Utara, dalam acara Atensi penguatan dan pengukuhan relawan anti narkoba, Rabu (24/4).

Setelah kemarin melakukan pembentukan kewirausahaan buat warga Muara Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara Wawan menerangkan saat ini BNNK Jakarta Utara melakukan perekrutan relawan anti narkoba. "Yang anggotanya adalah masyarakat pilihan dari 31 Kelurahan se Jakarta Utara," ucapnya.

Dengan narkoba yang sudah masuk ke berbagai ruang kehidupan masyarakat, Wawan menambahkan cara yang dilakukan BNNK ini sangat efektif. "Karena anggotanya adalah dari masyarakat, dimana meraka setiap harinya bersentuhan secara langsung, besar harapan kita semua narkoba bisa dihilangkan dari Jakarta Utara," tuturnya.

Sementara Kepala BNNK Jakarta Utara AKBP Yuanita Amelia Sari mengatakan jika tanggung jawab memerangi narkoba bukan hanya pada BNN, Polisi atau Pemerintah saja. "Tapi tanggung jawab semua pihak. Karena narkoba bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal batasan usia, pekerjaan atau lokasi tinggal," katanya.

Dan dengan perekrutan relawan anti narkoba dari unsur masyarakat, Yuanita ingin lebih memberikan pelajaran sekaligus menyadarkan. "Bisa saja yang menjadi pengedar atau pengguna narkoba adalah keluarga dekat mereka. Jika seperti itu yang terjadi, masyarakat sudah tau bagaimana cara mengambil langkah langkah pencegahan sekaligus meminimalisir meluasnya dampak dari narkoba itu sendiri," tuturnya.

Pada acara ini, Askesra berkesempatan menyematkan Pin pada salah seorang relawan anti narkoba, sebagai bentuk simbolisasi peresmian TIM 10 masyarakat anti narkoba bentukan BNNK Jakarta Utara akan segera diturunkan kemasyarakat.

Berita Terkini

Agenda Kegiatan

List Kegiatan

24-04-2019
07:00

Pemberian Bantuan Sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Lansia Melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ) Tahun 2019

Detail

08:30

Peninjauan Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jemaat Ancol Jl. Pademangan V Ujung Komplek Duta Kemayoran Blok C No. 15 RT. 014/01 Kel. Pademangan Timur, Kec. Pademangan

Detail

09:00

Monitoring dan Evaluasi Aplikasi Citizen Relation Management (CRM)

Detail

09:00

Pengukuhan Relawan Anti Narkoba Kelurahan Kota Administrasi Jakarta Utara

Detail

09:00

Pembinaan Kelurahan Sadar Hukum Tingkat Kota Adm. Jakarta Utara Tahun 2019

Detail

11:00

Rapat Pleno terkait rencana Pembangunan Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jemaat Ancol Jl. Pademangan V Ujung Komplek Duta Kemayoran Blok C No. 15 RT. 014/01 Kel. Pademangan Timur, Kec. Pademangan

Detail

13:00

Persiapan Sosialisasi/Rembuk Warga Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Zona 2 dan 5 di Wilayah Kota Adm. Jakarta Utara

Detail

13:00

Rapat Checking Akhir Pencanangan HUT Kota Jakarta ke-492 Tingkat Kota Adm. Jakarta Utara

Detail

Pemerintahan

Sosialisasi Bahaya Pungli Bagi Pengelola RPTRA Jakut

KOMINFOTIK JU - Seratus pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) perwakilan dari 6 kecamatan mengikuti sosialisasi saber pungli yang diadakan...
Selengkapnya

Perekonomian & Pembangunan

Pencanangan HUT DKI ke-492 di Jakut Putar Video Wajah Baru Jakarta  

KOMINFOTIK JU – Persiapan Pencanangan HUT DKI ke-492 oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara sudah mencapai 90 persen. Video Wajah Baru Jakarta akan...
Selengkapnya

Administrasi & Kesra

PKK Sunter Agung Daur Ulang Kantong Plastik Jadi Hasil Kerajinan

KOMINFOTIK JU - Mengolah sampah kantong plastik menjadi hasil kerajinan tangan yang bernilai ekonomis mampu diwujudkan oleh sekelompok ibu-ibu PKK RW...
Selengkapnya

Potret Wilayah Jakarta Utara

  • Penyerahan SK Kenaikan Pangkat

    View
  • Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara

    View
  • Barisan Pejabat tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara

    View
  • Barisan ASN Pegawai Kantor Walikota Jakarta Utara

    View
Mewujudkan Kota Administrasi Jakarta Utara sebagai kota pesisir modern yang tertata rapi, maju, nyaman dan sejahtera serta memiliki masyarakat yang berbudaya dan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik
Visi & Misi
QLue
Materi LED
CCTV
QLue
RPTRA
Location

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111