(62-21) 4303111

BERITA

Seratus Remaja Putri Ikuti Seminar Aksi Bergizi Cilincing

  • Beranda
  • Berita
  • Seratus Remaja Putri Ikuti Seminar Aksi Bergizi Cilincing

Seratus Remaja Putri Ikuti Seminar Aksi Bergizi Cilincing

KOMINFOTIK JU - Seratus remaja putri dan guru-guru dari berbagai sekolah di wilayah Kecamatan Cilincing mengikuti kegiatan Seminar Aksi Bergizi Cilincing yang bertemakan Remaja Cantik Bebas Anemia Untuk Cegah Stunting di Ruang Teater Islamic Center Jakarta Utara, Rabu (25/1).

Acara seminar yang diselenggarakan Puskesmas Kecamatan Cilincing bersama para pemangku kepentingan di wilayah Kecamatan Cilincing itu merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Gizi Nasional yang ke-63. Untuk meningkatkan wawasan para peserta seminar turut dihadirkan narasumber yang berkompeten yaitu Dr. Rita Ramayulis selaku Konsultan Gizi.

"Sasaran kita adalah remaja putri di tingkat SMP dan SMA yang menjadi tolak ukur untuk diintervensi terkait anemia dan pencegahan stunting," ungkap Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Raden Achmad Sigit saat menghadiri acara Seminar Aksi Bergizi Cilincing.

Untuk mencegah terjadinya stunting pada anak balita maka segala sesuatunya harus dipersiapkan sejak dini dan diawali dari fase remaja. "Awal persiapannya dari remaja putri karena saat dewasa nanti mereka akan menjadi ibu yang akan menjalani masa kehamilan, melahirkan sampai gizi untuk anaknya yang dilahirkan harus dipenuhi," terangnya.

Dengan mengangkat tema Remaja Cantik Bebas Anemia Untuk Cegah Stunting, dr. Raden Achmad Sigit mengharapkan seluruh remaja putri di wilayah Kecamatan Cilincing dapat rutin mengkonsumsi makanan bergizi dan terpenuhinya zat besi untuk pencegahan anemia. "Tadi juga dilakukan secara bersama-sama kampanye minum tablet tambah darah bagi remaja putri. Diharapkan, mereka bisa mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin setiap seminggu sekali," imbaunya.

Sementara itu, Plt. Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, dr. Wahyu Laksono mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Seminar Aksi Bergizi Cilincing dengan sasaran remaja putri di wilayah Kecamatan Cilincing. "Nantinya, mereka adalah calon ibu sehingga harus dibekali sejak dini salah satunya agar mereka bisa terbebas dari anemia dan kasus stunting jangan sampai muncul di kemudian hari," harapnya.

Berbagai ilmu dan wawasan tentang asupan makanan bergizi, pemenuhan zat besi, dan hal lainnya yang didapatkan dari kegiatan seminar tersebut dapat memberikan motivasi bagi salah satu peserta seminar yaitu siswi SMK Sahid I Cilincing, Feliza. "Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat sekali untuk perempuan sehingga membuat kita semakin percaya bahwa gizi itu penting untuk diri kita. Setelah mengetahui banyak hal tentang asupan gizi nanti akan saya coba terapkan dan seimbangkan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman di setiap harinya," ujar Feliza.