(62-21) 4303111

BERITA

Sembilan Poktan Rorotan dan Marunda Terima Bantuan Benih Padi Varietas Ciherang

  • Beranda
  • Berita
  • Sembilan Poktan Rorotan dan Marunda Terima Bantuan Benih Padi Varietas Ciherang

Sembilan Poktan Rorotan dan Marunda Terima Bantuan Benih Padi Varietas Ciherang

KOMINFOTIK JU - Sembilan Kelompok Tani (Poktan) dari Kelurahan Rorotan dan Marunda mendapatkan bantuan enam ton benih padi varietas ciherang dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Plt. Sekretaris Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Mujiati mengimbau kepada para petani di Jakarta Utara agar tetap konsisten melakukan aktivitas bertani.

Adapun sembilan Poktan yang menerima bantuan benih padi yaitu Poktan Maju, Poktan Makmur Jaya, Poktan Subur Abadi, Poktan Maju Bersama, Poktan Karang Tengah, Poktan Bangkit Bersama, Poktan Karya Usaha, Poktan Karya Siaga, dan Poktan Marunda Jaya.

"Kami bangga dengan teman-teman petani yang terus berupaya meningkatkan produksi padi dan berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan pangan di Jakarta Utara," tutur Mujiati saat menghadiri acara panen padi dan pemberian simbolis benih padi di Poktan Maju RW 07 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Rabu (12/1).

Ketersediaan lahan persawahan di wilayah DKI Jakarta sekitar 414 hektar. "Dari jumlah itu, sekitar 344 hektar lahannya berada di Jakarta Utara. Ini menandakan bahwa pertanian di Jakarta Utara bisa mewakili secara keseluruhan di DKI Jakarta. Harapan kita produksi padi terus meningkat dengan melakukan berbagai upaya salah satunya dengan penggunaan pupuk yang bersubsidi," ungkapnya.

Sementara itu, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto mengungkapkan lokasi persawahan di Rorotan dan Marunda secara umum kepemilikannya adalah 80 persen dikuasai oleh pengembang dan 20 persen milik petani sendiri. "Sedangkan bantuan enam ton benih padi bagi sembilan Poktan akan diberikan secara bertahap. Nantinya, penanaman benih padi ini akan dilakukan secara serentak untuk menghindari hama penyakit," jelasnya.