(62-21) 4303111

BERITA

Poktan Jakarta Utara Berhasil Panen Padi Varietas Unggul

  • Beranda
  • Berita
  • Poktan Jakarta Utara Berhasil Panen Padi Varietas Unggul

Poktan Jakarta Utara Berhasil Panen Padi Varietas Unggul

KOMINFOTIK JU - Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim bersama Plt. Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Mujiati, Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Provinsi DKI Jakarta, Ali Nurdin, dan jajaran terkait menghadiri acara panen padi sekaligus penyerahan bantuan enam ton benih padi untuk sembilan Kelompok Tani (Poktan) di wilayah Jakarta Utara.

"Jakarta Utara memiliki lahan persawahan sekitar 344 hektar yang tersebar di dua kelurahan yaitu Rorotan dan Marunda. Setiap tahunnya, para petani di Kecamatan Cilincing berhasil mengolah lahan pertanian dengan baik hingga panen seperti sekarang ini," ungkap Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim di Poktan Maju RW 07 Kelurahan Rorotan, Rabu (12/1).

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sejumlah Poktan memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan area pertanian yang mampu memproduksi tanaman padi yang berkualitas. "Poktan itu memanfaatkan lahan yang belum terpakai untuk menghasilkan pendapatan. Dari segi ekonomi apa yang di upayakan dalam Poktan bisa menjadi andalan untuk menghidupi ekonomi keluarga. Poktan ini juga harus mendapatkan pembinaan agar penghasilannya bisa maksimal," terangnya.

Walikota juga berpesan kepada para petani yang tergabung dalam Poktan Jakarta Utara untuk membuka komunikasi yang baik dengan perangkat wilayah. "Jangan pernah merasa sungkan, silahkan sampaikan saja apa yang menjadi keluhannya selama ini. Dengan begitu akan cepat mendapatkan solusi yang terbaik," imbau Ali didampingi Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto, Camat Cilincing, M.Andri, dan Lurah Rorotan, Idham Mugabe.

Ia pun mengapresiasi semangat para petani yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan produktivitas padi. "Dengan adanya bantuan dan dukungan dari semua pihak diharapkan para petani dapat menghasilkan produksi yang maksimal sehingga target produksi yang ditetapkan bisa tercapai. Selain itu, dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani Jakarta Utara," tuturnya.

Kegiatan panen padi kali ini dilakukan di lahan seluas 10 hektar yang ditanami padi dengan varietas inpari 32 dan situbagendit. "Bantuan benih padi ciherang ini akan kami tanam dengan semaksimal mungkin. Mudah-mudahan dari benih padi ini akan menjadi jutaan beras dan ton yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat Jakarta," ujar Abas, perwakilan dari Poktan Maju RW 07 Rorotan.