(62-21) 4303111

BERITA

Pengelola RPTRA Amanah Dilibatkan Dalam Layanan Mobil Vaksinasi Keliling

  • Beranda
  • Berita
  • Pengelola RPTRA Amanah Dilibatkan Dalam Layanan Mobil Vaksinasi Keliling

Pengelola RPTRA Amanah Dilibatkan Dalam Layanan Mobil Vaksinasi Keliling

KOMINFOTIK JU - RPTRA Amanah, Kelurahan Tugu Utara menjadi lokasi pelayanan mobil vaksinasi keliling yang dilaksanakan mulai Senin (26/7) hingga Rabu (28/7). Dalam pelaksanaannya, enam pengelola RPTRA dilibatkan secara langsung sebagai tenaga bantu dalam kegiatan vaksinasi COVID-19 seperti halnya, pencatatan dan observasi, penginputan data serta pendampingan warga. 

"Sejak bulan Mei lalu, kami sudah turun untuk membantu kegiatan vaksinasi COVID-19 di sejumlah lokasi. Sebelumnya, pihak Puskesmas dan Kelurahan memberikan arahan mengenai tugas-tugas yang akan kami lakukan untuk mendukung kegiatan vaksinasi dinamis di wilayah Kelurahan Tugu Utara," terang Mufti Ali, pengelola RPTRA Amanah saat dikonfirmasi, Senin (26/7). 

Menurutnya, pemanfaatan RPTRA untuk kegiatan pelayanan mobil vaksinasi keliling sudah tepat sasaran karena lokasinya cukup besar dan berada ditengah-tengah permukiman warga jadi mudah dijangkau. "Ini yang pertama kalinya ada layanan mobil vaksinasi keliling di RPTRA Amanah," ujarnya. 

Sedangkan data warga yang berhasil divaksinasi dalam layanan mobil vaksinasi keliling di RPTRA Amanah berjumlah 110 orang. "Untuk peserta vaksinasi hari ini, sekitar 80% warga mendaftar menggunakan aplikasi JAKI dan sisanya secara manual. Memang belum semua warga yang mengetahui bahwa pendaftaran vaksinasi bisa melalui aplikasi JAKI sehingga harus disosialisasikan lagi," tuturnya. 

Sementara itu, tugas baru bagi pengelola RPTRA di masa pandemi COVID-19 menjadi pengalaman yang berkesan sekaligus menantang dan berisiko. "Ini kan sudah program pemerintah untuk menanggulangi COVID-19 jadi harus dijalani sesuai dengan perannya masing-masing. Saat berkegiatan, kami tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes) biar lebih aman dan terhindar dari risiko penularan," ucap Mufti. 

Selama pandemi atau hampir dua tahun ini operasional RPTRA ditutup sementara waktu dan saat ini hanya dibuka untuk mendukung kegiatan vaksinasi COVID-19. "Di masa pandemi, kami tetap menjalankan tugas sebagai pengelola RPTRA yang sifatnya patroli dan mengikuti kegiatan secara virtual melalui zoom meeting. Ada rasa kangen untuk berkegiatan seperti biasanya di RPTRA namun semua itu harus ditunda terlebih dahulu sampai pandemi benar-benar bisa terkendali," ungkapnya. 

Ia berharap melalui kegiatan vaksinasi COVID-19 bisa mengurangi wabah. "Harapan besar kita semua adalah semua warga bisa divaksinasi dan aktivitas masyarakat bisa kembali seperti biasanya walaupun dengan disiplin prokes. Manfaatkan vaksinasi ini untuk melindungi diri sendiri, keluarga, tetangga, dan orang-orang di sekitar kita dari bahaya COVID-19," pungkasnya.