(62-21) 4303111

BERITA

Pembentukan Kampung Budaya

Pembentukan Kampung Budaya

KOMINFOTIK JU - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, M. Alwi memimpin rapat persiapan usulan Kampung Budaya di Jakarta Utara. Rapat yang dihadiri sejumlah UKPD itu berlangsung di Ruang VIP, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (1/3).

Dalam rapat tersebut membahas rencana pengajuan satu kelurahan di setiap kecamatan yang akan diusulkan sebagai Kampung Budaya, sedangkan Dasar Hukum Kampung Budaya berpedoman pada UU Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan.

Pembentukan Kampung Budaya harus mengedepankan nilai kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan. Selain itu, juga ada tujuh kriteria yang harus dipenuhi yaitu sistem kepercayaan, sistem kesenian, sistem komunikasi (bahasa sehari-hari), sistem mata pencaharian, sistem teknologi, sistem lingkungan tata ruang dan arsitektur serta sistem sosial (model kekerabatan).

Adapun tujuan dari adanya pembentukan Kampung Budaya diantaranya dapat memperkuat identitas kebudayaan lokal dan daerah lain, tersedia ruang bagi penyelenggara ekspresi seni budaya, meningkatkan pemberdayaan masyarakat,  meningkatkan toleransi antar suku dan agama.