(62-21) 4303111

BERITA

Optimalisasi Gerakan Sedekah Mijel di Wilayah Jakarta Utara

  • Beranda
  • Berita
  • Optimalisasi Gerakan Sedekah Mijel di Wilayah Jakarta Utara

Optimalisasi Gerakan Sedekah Mijel di Wilayah Jakarta Utara

KOMINFOTIK JU - Sebanyak 5.292 liter limbah minyak jelantah (mijel) berhasil terkumpul dalam program PKK dan RPTRA Jakarta Utara Tersenyum yang telah berjalan sejak Maret 2021. Hasil pengumpulan sedekah mijel tersebut dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Semua unsur bisa terlibat dalam sedekah mijel yang diluncurkan sejak Maret 2021. Kedepannya, kita juga akan alokasikan hasil pengumpulan mijel untuk mendukung penanganan stunting di wilayah Jakarta Utara," jelas Ketua Tim Penggerak Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti dalam acara sosialisasi program sedekah mijel untuk ASN Jakarta Utara secara virtual, Kamis (9/9).

Ia mengharapkan peran aktif dari semua pihak termasuk ASN untuk ikut bersedekah mijel di Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kecamatan, Kelurahan, dan RPTRA. Bahkan di Lantai Dasar Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara telah disediakan Anjungan Tuang Minyak (ATM) Sedekah Mijel yang mempermudahkan para ASN dan warga sekitar untuk menyumbangkan mijelnya.

"Biasanya limbah mijel dibuang ke tempat-tempat yang tidak seharusnya sehingga bisa mencemari lingkungan. Kini, melalui program PKK dan RPTRA Jakarta Utara Tersenyum yang berkolaborasi dengan Rumah Sosial Kutub akan berupaya dalam penanganan limbah mijel untuk diolah menjadi bahan baku biodiesel," terangnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito menerangkan, program PKK dan RPTRA Jakarta Utara Tersenyum diharapkan bisa membawa perubahan bagi masyarakat Jakarta Utara yang lebih sehat, menciptakan lingkungan yang bersih, dan bisa menjadi kemandirian program yang berasal dari partisipasi aktif untuk semua yang terlibat.

"Kami akan terus bersinergi sehingga program ini bisa berjalan optimal. Mudah-mudahan semangat kolaborasi akan menghasilkan manfaat dan senyuman untuk masyarakat Jakarta Utara karena dari setetes mijel yang dikumpulkan setiap harinya akan membawa amal jariyah," tutur Suhito.

Dalam acara sosialiasi program sedekah mijel untuk ASN Jakarta Utara tersebut juga dihadiri oleh Kasudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Achmad Hariadi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Kasubag Kesehatan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk Setko Administrasi Jakarta Utara, Sugiman.