(62-21) 4303111

BERITA

Masyarakat RW 05 Sunter Agung Kembangkan Budidaya Maggot

  • Beranda
  • Berita
  • Masyarakat RW 05 Sunter Agung Kembangkan Budidaya Maggot

Masyarakat RW 05 Sunter Agung Kembangkan Budidaya Maggot

KOMINFOTIK JU - Masyarakat RW 05 Kelurahan Sunter Agung menggali potensi baru dengan mengembangkan budidaya maggot yang berfungsi sebagai pengurai sampah organik, pakan ikan lele dan burung. Lahan terbatas di Kawasan Taman Hati PKK RW 05 Sunter Agung dijadikan lokasi budidaya maggot.

"Untuk percobaan sendiri skala kecil sudah dimulai sekitar 2 bulan yang lalu. Alhamdulillah, sekarang sudah dibangun tempat khusus lokasi budi daya maggot di Kawasan Taman Hati PKK RW 05 dan mendapatkan hibah 5 buah boks maggot dari PT Indonesia Power," ungkap Ketua RW 05 Sunter Agung, Nurus Shobah saat dikonfirmasi, Selasa (28/9).

Setelah mendapatkan pelatihan pengurangan sampah dengan biokonversi maggot dari Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Tanjung Priok, Nurus mengaku terpacu dan akan mengajak warga sekitar untuk ikut mendalami budidaya maggot yang ternyata memiliki beragam manfaat.

"Tim BPS RW 05 dan warga Kelompok Tani RPTRA Sunter Muara cukup antusias mengikuti pelatihan budidaya maggot yang dibimbing langsung oleh Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Tanjung Priok. Hasil dari budidaya maggot bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pakan ternak lele warga setempat. Diharapkan, kedepannya bisa dijual ke pasar untuk menambah penghasilan keluarga," tutur Nurus Shobah.

Selain itu, pengembangan budidaya maggot juga menjadi peluang usaha baru untuk menambah penghasilan di masa pandemi Covid-19. "Saya tertarik dengan potensi budidaya maggot karena memelihara maggot itu cukup menjanjikan dan mudah. Tidak memerlukan lahan yang luas dan perlengkapannya pun sangat sederhana," ujar Beni Wijaya, warga RT 012 RW 05 Sunter Agung.