(62-21) 4303111

BERITA

Lumpur Pada Saluran PHB Jalan Bandengan Terusan Dikeruk

  • Beranda
  • Berita
  • Lumpur Pada Saluran PHB Jalan Bandengan Terusan Dikeruk

Lumpur Pada Saluran PHB Jalan Bandengan Terusan Dikeruk

Kominfotik JU - Saluran Penghubung (PHB) di Jalan Bandengan Terusan, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan dibersihkan dan dikeruk, Kamis (9/9). Kegiatan pengerukan lumpur dilakukan karena saluran mengalami pendangkalan.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan Pendi mengatakan pembersihan dilakukan untuk menghabiskan endapan lumpur.
"Kami juga menemukan sampah-sampah di dalam saluran. Seluruhnya kami angkat dan masukan ke dalam karung," katanya.

Pendi menerangkan jika SDA Kecamatan Penjaringan menyiapkan sebanyak 360 karung pada pengurasan saluran PHB di Jalan Bandengan Terusan.
"Saluran memiliki panjang kurang lebih 190 meter. Pengerjaan diperkirakan memakan waktu tiga hari. Untuk hari ini kita targetkan dapat membersihkan sepanjang 70 meter dengan beragam ketebalan sedimen yang mengendap, dimulai dari ketebalan 25 sentimeter sampai dengan 60 sentimeter. Sisanya yang 120 meter akan kita kerjakan besok dan lusa," ungkapnya.

Pendi mengatakan dengan bersihnya saluran dari lumpur dan sampah diharapkan dapat memaksimalkan fungsi saluran.
"Kami juga bertugas melakukan pemeriksaan secara berkala, karena kotoran yang menumpuk dan tidak dibersihkan dapat menghambat jalannya air. Jangan sampai terjadi genangan terutama di saat musim hujan," tuturnya.