(62-21) 4303111

BERITA

Lima Sekolah Dasar Di Jakarta Utara Dinobatkan Sebagai Sekolah Sehat Tahun 2021

  • Beranda
  • Berita
  • Lima Sekolah Dasar Di Jakarta Utara Dinobatkan Sebagai Sekolah Sehat Tahun 2021

Lima Sekolah Dasar Di Jakarta Utara Dinobatkan Sebagai Sekolah Sehat Tahun 2021

KOMINFOTIK JU – Lima sekolah setingkat dasar atau sederajat dinobatkan sebagai Sekolah Sehat Tahun 2021 dalam program yang dilaksanakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bina Masyarakat Peduli (BMP), dan PT Unilever Indonesia, Tbk. 

Penobatan Sekolah Sehat dikarenakan kelima sekolah telah memenuhi kriteria dalam pelaksanaan Training of Trainer (TOT), pelaporan, hingga penerapan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) selama periode penjurian sejak September 2021 lalu.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menerangkan penobatan lima sekolah sebagai Sekolah Sehat ini sebagai projek percontohan (pilot project) dalam penerapan PHBS pada setiap sekolah di Jakarta Utara. Dengan dimulai dari sekolah, peserta didik pun dapat menerapkan dan membawa kebiasaan PHBS tersebut ke rumah dan lingkungan sekitarnya.

“Diharapkan ini dapat memberikan motivasi dan contoh untuk selalu menerapkan PHBS di seluruh sekolah di Jakarta Utara. Bahkan tidak hanya di sekolah tapi juga di rumah dan lingkungan tempat tinggalnya,” ungkap Ali Maulana Hakim saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (11/1).

Enggan berhenti di sini, Ali meminta kepada Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Kota Administrasi Jakarta Utara terkait, baik Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 dan 2, Suku Dinas Kesehatan, hingga Suku Dinas Lingkungan Hidup saling berkolaborasi untuk memonitor dan mengevaluasi Sekolah Sehat tersebut. 

Dengan begitu program Sekolah Sehat terlaksana secara berkesinambungan terlebih program ini juga sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Mudah-mudahan ini menjadi suatu kebiasaan dan Insyallah dalam masa pandemi Covid-19 ini sebagai upaya untuk kita mencegah tertular dan atau memutus mata rantai penularan serta menyelamatkan warga kita,” terangnya.

Direktur Bina Masyarakat Peduli (BMP), Muhamad Salahudin Hakim mengungkapkan kelima pemenang mendapatkan sertifikat yang ditandatangani Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Sri Wahyuningsih dan Head of Corporate Affair and Sustainability PT Unilever Indonesia, Tbk, Nurdinas Darus dan Hygiene KIT masing-masing enam puluh dus hand sanitizer dan 20 dus sabun cair.

Pemenang pertama dan kedua mendapatkan hadiah tambahan berupa pembangunan alat cuci tangan (wastafel) permanen dua kran.

“Selain itu kita juga memberikan sertifikat kepada dokter kecil di sepuluh sekolah nominator. Itu sebagai apresiasi karena dalam menerapkan PHBS di sekolah tidak bisa hanya guru tapi juga melibatkan dokter kecil tersebut. Jadi kita apresiasinya secara tim,” tutupnya.

Berikut lima sekolah dasar yang dinobatkan sebagai Sekolah Sehat di Jakarta Utara :

- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Semper Timur 03 Pagi sebagai Terbaik Pertama 

- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Semper Barat 03 Pagi sebagai Terbaik Kedua

- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rawa Badak Selatan 03 Pagi sebagai Terbaik Ketiga

- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Semper Barat 07 Pagi sebagai Terbaik Keempat

- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Semper Timur 05 Pagi sebagai Terbaik Kelima