(62-21) 4303111

BERITA

Layanan Mobil Vaksinasi Keliling Jangkau Warga Kampung Marina RW 017 Penjaringan

  • Beranda
  • Berita
  • Layanan Mobil Vaksinasi Keliling Jangkau Warga Kampung Marina RW 017 Penjaringan

Layanan Mobil Vaksinasi Keliling Jangkau Warga Kampung Marina RW 017 Penjaringan

KOMINFOTIK JU - Kampung Marina RW 017 Kelurahan Penjaringan termasuk salah satu lokasi sasaran layanan mobil vaksinasi keliling yang berlangsung sejak Senin (12/7) hingga Jumat (16/7) dengan target peserta sekitar 100 orang per harinya. 

Lurah Penjaringan, Suharsono menyatakan, layanan mobil vaksinasi keliling sangat membantu untuk menjangkau warga di permukiman padat penduduk. "Namun, masih banyak titik yang belum terjangkau kalau bisa diperpanjang waktunya dengan kuota yang lebih besar dari yang semula 100 orang menjadi 300 orang," harapnya saat dikonfirmasi, Jumat (16/7). 

Menurutnya, penentuan lokasi layanan mobil vaksinasi keliling yang difasilitasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah sangat tepat. "Dari 18 RW yang ada di wilayah Kelurahan Penjaringan hanya RW 017 yang capaian vaksinasinya masih berada di kisaran 40 % sedangkan RW lainnya sudah mencapai 80 %," jelas Suharsono. 

Oleh karena itu, ia mengapresiasi hadirnya layanan mobil vaksinasi keliling dengan sistem jemput bola langsung ke lokasi sasaran vaksinasi yang mampu menjangkau warga yang belum ikut vaksinasi dan mempermudah warga untuk datang karena lokasinya dekat dengan lingkungan tempat tinggalnya. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kelurahan Penjaringan I, dr. Susanti akan meningkatkan koordinasi dengan lintas sektor, pengurus RT/RW, dan kader dalam mengajak warga Penjaringan agar bersedia divaksinasi COVID-19. "Mereka ikut membantu dengan menggalang partisipasi warga untuk datang ke sentra vaksinasi dan ikut vaksinasi jadi semuanya bergerak dalam upaya percepatan program vaksinasi COVID-19," terangnya. 

Menanggapi layanan mobil vaksinasi keliling di Kampung Marina RW 017 Kelurahan Penjaringan. Ia menyambut baik inovasi tersebut dengan menghadirkan layanan vaksinasi di tengah masyarakat. "Di permukiman itu ada tipe warga yang maunya vaksin ditempatnya. Tidak mau datang ke lokasi vaksinasi yang bukan di dekat tempat tinggalnya mungkin karena akses atau ada alasan lainnya," ungkap dr. Susanti. 

Padahal saat ini sentra vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat dibuka di Halaman Kantor Lurah Penjaringan dengan jumlah kuota kisaran 700 sampai 800 orang per harinya. "Bagi warga yang belum divaksinasi silahkan datang ke Kantor Kelurahan Penjaringan dengan membawa KTP dan KK. Kami selalu bekerjasama dengan unsur tiga pilar dan Satpol PP untuk saling bantu agar kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi bisa dicegah," imbaunya.