(62-21) 4303111

BERITA

Kecamatan Pademangan Gelar Perayaan HAN dan BIAN

  • Beranda
  • Berita
  • Kecamatan Pademangan Gelar Perayaan HAN dan BIAN

Kecamatan Pademangan Gelar Perayaan HAN dan BIAN

KOMINFOTIK JU - Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Pademangan diramaikan dengan beragam kegiatan menarik seperti pelantikan dokter kecil, lomba senam anak, dan mendongeng. Momentum HAN juga bersamaan dengan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang bertujuan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

"Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian peringatan HAN dan BIAN di wilayah Kecamatan Pademangan yang dimotori oleh Puskesmas Kecamatan Pademangan," jelas Camat Pademangan, Didit Mulyadi di RPTRA Budi Mulia, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Rabu (3/8).

Untuk meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan sekolah, Camat Pademangan mengungkapkan ada 480 peserta didik dari 12 SDN se-Kecamatan Pademangan yang mendapatkan tugas mulia sebagai dokter kecil. "Tadi mereka sudah dilantik dan mendapatkan sertifikat. Sejak dini, anak-anak ini dilatih untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah," terangnya.

Hadirnya dokter kecil di lingkungan sekolah dapat menjadi acuan bagi peserta didik lainnya untuk ikut peduli terhadap kesehatan. "Mereka akan menularkan informasi dan pengetahuannya tentang PHBS kepada teman-temannya, keluarga, dan warga sekitar," harap Didit didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pademangan, Maryani dan jajaran terkait.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan, dr. Octoviana Carolina menuturkan bahwa peringatan HAN Tahun 2022 bertemakan Anak Terlindungi, Indonesia Maju. "Ini berarti bahwa semua pihak bisa mengambil perannya masing-masing sekaligus menguatkan sinergi dan kolaborasi agar anak-anak Indonesia tetap sehat, terlindungi, dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas," ujarnya.

Pada kesempatan itu, dr. Octoviana juga mengimbau kepada masyarakat untuk membawa buah hatinya dalam mendapatkan layanan imunisasi di sejumlah fasilitas kesehatan terdekat. "Untuk pelaksanaan BIAN, capaiannya sudah optimal dan berada diurutan kedua di Jakarta Utara. Diharapkan, di hari-hari kedepannya hingga 31 Agustus mendatang semua masyarakat bisa mengakses layanan imunisasi di Posyandu, Puskesmas Kelurahan, dan Puskesmas Kecamatan," pungkasnya.