(62-21) 4303111

BERITA

Kecamatan Cilincing Gelar BIAN Untuk Tambah Cakupan Imunisasi Anak

  • Beranda
  • Berita
  • Kecamatan Cilincing Gelar BIAN Untuk Tambah Cakupan Imunisasi Anak

Kecamatan Cilincing Gelar BIAN Untuk Tambah Cakupan Imunisasi Anak

Kominfotik JU - Kecamatan Cilincing melaksanakan peluncuran Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di RW 03 Kelurahan Semper Barat, Senin (1/8). Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan cakupan imunisasi untuk anak demi terciptanya herd immunity.

"Dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus. Dalam sebulan ini dilaksanakan program nasional BIAN untuk anak-anak yang belum melengkapi imunisasinya. Targetnya anak-anak usia sembilan sampai dengan 59 bulan," kata Camat Cilincing, Anita Permatasari.

Anita menambahkan seluruh kelurahan di Kecamatan Cilincing melaksanakan BIAN secara serentak.
"Launchingnya tingkat kecamatan dilaksanakan di Kelurahan Semper Barat dengan melibatkan puskesmas kecamatan, puskesmas kelurahan, kader-kader PKK, pos yandu, dan sekolah-sekolah," ungkapnya.

Anita berharap masyarakat ataupun orang tua dapat memanfaatkan momen BIAN ini dengan sebaik-baiknya.
"Dalam kondisi pandemi COVID-19, terjadi trend penurunan cakupan imunisasi di Indonesia dan juga di dunia. Dengan cakupan imunisasi yang tinggi akan membantu terciptanya herd immunity, sebaliknya cakupan yang rendah akan berisiko terjadinya wabah penyakit menular berbahaya. Terkait dengan pandemi, vaksinasi COVID-19 tidak digabung dalam kegiatan ini tapi pada prinsipnya untuk vaksinasi booster tetap disosialisasikan, dilaksanakan di posyandu atau tempat lainnya. Semoga program pelaksanaan BIAN ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan diterima oleh masyarakat dan ke depannya dapat mencegah penyakit berbahaya di Jakarta Utara khususnya Kecamatan Cilincing seperti campak, rubella, polio, hepatitis, difteri, pertusis, dll," tuturnya.

Untuk diketahui, kegiatan BIAN ini juga berkolaborasi dengan Food Bank Indonesia, dimana kerjasama ini dilakukan dengan memonitoring dan melakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk anak-anak yang menderita stunting di Kecamatan Cilincing.