(62-21) 4303111

BERITA

Kantor Camat Cilincing Jadi Sentra Vaksinasi Dinamis

  • Beranda
  • Berita
  • Kantor Camat Cilincing Jadi Sentra Vaksinasi Dinamis

Kantor Camat Cilincing Jadi Sentra Vaksinasi Dinamis

KOMINFOTIK JU - Kantor Camat Cilincing difungsikan sebagai sentra vaksinasi dinamis untuk mendukung langkah percepatan program vaksinasi COVID-19 di wilayah Kecamatan Cilincing. Camat Cilincing, Muhammad Andri menjelaskan, sentra vaksinasi COVID-19 di Kantor Camat Cilincing sudah dibuka sejak 12 Juli 2021 dan akan melayani masyarakat di hari Senin hingga Jumat dengan target perharinya sekitar 250 hingga 400 orang. 

"Untuk percepatan program vaksinasi COVID-19, kami membuka sejumlah titik posko vaksinasi yang tersebar di wilayah Kecamatan Cilincing dengan mendekatkan lokasi vaksinasi ke permukiman warga termasuk membuka sentra vaksinasi di sekolah dan KBN. Hal ini bisa menarik minat warga untuk ikut vaksinasi karena lokasinya dekat dari rumah sehingga mudah diakses," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (26/7). 

Hingga saat ini, capaian kepesertaan vaksinasi di wilayah Kecamatan Cilincing sekitar 49%. "Untuk meningkatkan capaian vaksinasi, kami mengajak seluruh stakeholder seperti jajaran Polsek Cilincing, Koramil, RSUD, RS Swasta, Klinik Pratama, Bidan Praktek Mandiri, pengusaha swasta, dan tenaga kesehatan lainnya untuk bergabung dalam kegiatan vaksinasi COVID-19 di sejumlah lokasi. Kolaborasi dengan semua unsur menjadi penentu agar percepatan program vaksinasi dapat terlaksana dengan baik dan cepat terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok di masa pandemi COVID-19," terang Muhammad Andri. 

Ia juga menguatkan sinergi dengan mengaktifkan unsur masyarakat seperti pengurus RT/RW, kader kesehatan, kader dasawisma, Bimas, Babinsa, dan tokoh agama untuk mensosialisasikan manfaat vaksinasi di tengah pandemi COVID-19 kepada warga setempat. "Menghimbau dan menyisir kembali warga yang sudah atau belum divaksinasi agar mudah termonitor," tegasnya. 

Menurutnya, vaksinasi itu bisa mengurangi resiko tertular penyakit COVID-19 dan resiko kematian jika terkena COVID-19. "Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang secara sadar mau divaksinasi. Bagi warga Cilincing yang belum divaksinasi silahkan datang ke sentra vaksinasi terdekat seperti Puskesmas, Pos RW, Kantor Camat Cilincing atau layanan mobil vaksinasi keliling dengan lokasi terjadwal. Hanya dengan membawa fotocopy KTP atau KK atau KIA maka warga yang berusia diatas 12 tahun sudah bisa mendaftar program vaksinasi dan akan melalui tahapan skrining kesehatan hingga penyuntikan vaksin," ujar Camat Cilincing.