(62-21) 4303111

BERITA

Ikuti Jakarta SOLID, ASN Jakut Berharap Kegiatan Pelatihan Fotografi Dilakukan Secara Rutin

  • Beranda
  • Berita
  • Ikuti Jakarta SOLID, ASN Jakut Berharap Kegiatan Pelatihan Fotografi Dilakukan Secara Rutin

Ikuti Jakarta SOLID, ASN Jakut Berharap Kegiatan Pelatihan Fotografi Dilakukan Secara Rutin

Kominfotik JU - Aparatur Sipil Negara (ASN) Jakarta Utara sangat antusias dengan rangkaian kegiatan Jakarta SOLID (Sadar Olah Literasi Digital) bersama JakWifi yang diselenggarakan oleh Sudin Kominfotik Jakarta Utara. Pelatihan pemahaman dan praktik teknik fotografi serta menyusun narasi yang baik diharapkan dapat diberikan secara rutin. 

"Kami berharap peserta pelatihan bisa diperbanyak dan diperluas. Selain itu workshop ini juga bisa diadakan secara rutin, mungkin sebulan sekali. Jika waktu sebulan itu terlalu cepat mungkin bisa setahun dua kali atau tiga kali," kata ASN Kota Jakarta Utara dari Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Utara, Ambia Amirullah Kamil, Rabu (16/11). 

Ambia menambahkan pengalaman mengikuti kegiatan Jakarta SOLID sangat menakjubkan.  "Ini sangat menakjubkan sekali dan saya sangat surprise, karena diluar ekspetasi. Seperti dari waktunya, saya pikir hanya sampai siang, ternyata mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore, dan itu full dilakukan. Banyak pengalaman-pengalaman yang saya baru tahu dari fotografi. Saya termasuk peserta yang menggunakan kamera handphone. Ternyata dari situ saya baru tahu, jika di handphone banyak sekali fitur-fitur yang belum pernah dipakai selama ini. Selain itu saya di sini juga dapat belajar fotografi dan baru menyadari, foto itu tidak hanya sekedar mengcapture, tidak hanya sekedar mengambil momen tapi juga mendalami hikmah, story atau kisah yang ada di balik foto tersebut," ungkapnya. 

Ambia mengucapkan terima kasih kepada Walikota Kota Jakarta Utara dan Sudin Kominfotik dengan pelaksanaan Jakarta SOLID.  "Harapannya, kami (seluruh ASN dan pegawai PJLP) yang lain bisa ikut pelatihan ini, karena pelatihan ini sangat bermanfaat di dunia yang digital literasinya sekarang sangat terbuka sekali. Ini perlu, kami perlu dibekali ilmu seperti ini agar kedepannya apa yang kami share di sosial media itu jauh lebih baik lagi," tuturnya. 

Sementara Professional Photographer Founder of Ajie Lubis School of Photography sekaligus Nikon Indonesia Official Mentor, Ajie Lubis mengatakan pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari berjalan dengan baik.  "Materi yang kami sampaikan dari basic hingga pada ethics dan juga estetikanya. Kami rubah cara-cara pandang dan cara melihat mata terhadap fotografi. Kini peserta lebih fleksibel, lebih dinamis, dan tidak hanya sekedar statis dengan angle-angle satu arah saja. Sekarang mereka bisa mengambil foto dari berbagai arah. Harapannya pelatihan yang mereka dapatkan sudah dapat diaplikasikan ke wilayahan masing-masing dan foto yang mereka hasilkan ini bisa mempunyai kreativitas yang baik dan juga bagus," katanya. 

Para ASN dan PJLP yang sudah mengikuti pelatihan diharapkan untuk terus berlatih mengasah kemampuannya dengan pengetahuan-pengetahuan serta kreativitas-kreativitas yang sudah dipelajari. 

"Kami sudah buka cara pikirnya, pola pikirnya, cara pandangnya. Banyak berlatih, banyak-banyak berkreativitas dengan melihat, mencontoh dari fotografer fotografer yang ada pada media sosial atau lainnya. Mulai eksplore dengan pindah-pindah tempat, ambil angle-angle yang bagus, Jangan melakukan terlalu straight forward atau hanya sekedar datang dan foto apa yang terjadi di lokasi. Saya berharap pengetahuan yang sudah dimiliki dapat diaplikasikan di realitas kehidupan peserta," tuturnya. 

Untuk diketahui, Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim berkesempatan mengunjungi kegiatan Jakarta SOLID. Ali berharap peserta dapat mengajarkan, menularkan pengetahuan fotografinya pada ASN dan PJLP lainnya, tujuannya selain dapat menghasilkan konten media sosial yang menarik juga dapat menunjang penyampaian informasi kinerja Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melalui media sosial.