(62-21) 4303111

BERITA

HBKB di Jalan Danau Sunter Selatan, Upaya Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta

  • Beranda
  • Berita
  • HBKB di Jalan Danau Sunter Selatan, Upaya Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta

HBKB di Jalan Danau Sunter Selatan, Upaya Tingkatkan Kualitas Udara Jakarta

KOMINFOTIK JU - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Danau Sunter Selatan kembali digelar untuk yang ketiga kalinya pasca penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 bagi Provinsi DKI Jakarta.

Digelarnya HBKB sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas udara Jakarta.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, kembali digelarnya HBKB merupakan suatu upaya dalam membirukan (meningkatkan kualitas udara) langit Jakarta. Sebab dalam membirukan langit Jakarta merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah, pemangku kepentingan (stakeholder), maupun masyarakat.

"Pesan dari HBKB ini adalah tanggung jawab bersama dalam berupaya membirukan langit Jakarta," kata Ali Maulana Hakim saat ditemui di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (19/6).

Sesuai dengan penamaannya, HBKB, Ali menjelaskan masyarakat diajak untuk meminimalisir aktivitas yang menghasilkan polusi udara pada satu lokasi.

Dengan begitu, aktivitas tersebut diharapkan menjadi pembiasaan masyarakat pada kehidupan kesehariannya.

"Kami berharap ini jadi pembiasaan masyarakat semisal apabila menempuh jarak dekat bisa dengan bersepeda, begitu pun kalau jarak jauh bisa menggunakan transportasi umum ramah yang telah disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ungkapnya.

Di samping itu, Ali menerangkan kehadiran HBKB bisa dijadikan sebagai suatu ajang meningkatkan perekonomian khususnya pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Tak segan Ali pun turut mencicipi dan membeli sejumlah produk UMKM binaan JakPreneur Kota Administrasi Jakarta Utara pada lokasi berlangsungnya HBKB tersebut.

"Selain ada jajanan UMKM, dari Puskesmas Kecamatan Cilincing pun menghadirkan pemeriksaan gratis seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah, pemeriksaan dini kanker serviks, dan vaksinasi Covid-19," tutupnya.