(62-21) 4303111

BERITA

Gelar World Cleanup Days 2022, Walikota Jakut Apresiasi Lions Club

  • Beranda
  • Berita
  • Gelar World Cleanup Days 2022, Walikota Jakut Apresiasi Lions Club

Gelar World Cleanup Days 2022, Walikota Jakut Apresiasi Lions Club

Kominfotik JU - Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menghadiri acara puncak World Cleanup Day tahun 2022 di Lobi Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Sabtu ( 17/9). Apresiasi diberikan kepada Lions Club yang telah melaksanakan kegiatan ini. 

"World Clean Up Day adalah hari bersih-bersih serentak sedunia. Ini merupakan aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan mejaga kebersihan bumi, karena sampah merupakan tanggung jawab bersama. Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Lions Club untuk mendukung rangkaian kegiatan World Clean Up Day 2022 ini," kata Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim. 

Ali menambahkan sampah yang kita hasilkan akan menjadi masalah besar jika tidak kita tangani dengan baik.  "Semua pihak bertanggungjawab terhadap sampah dengan peran dan fungsinya masing-masing. Terkait hal tersebut diatas, Kita harus berupaya untuk segera melakukan pengurangan sampah yang dapat dilakukan dengan mulai mengurangi sampah di sumbernya (Rumah Tangga). Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Pergub 77 tahun 2020 tentang Pengelolaan sampah lingkup Rukun Warga yang telah merubah pola penanganan sampah dari KUPANG (Kumpul-angkut-buang) menjadi KUPILAH (Kurangi-Pilah-Olah)," tambahnya. 

Ali berharap apa yang sudah dilakukan Lions Club tahun 2022 ini dapat terus dilanjutkan pada tahun 2023. "Kami berharap Lions Club bisa menjadi mitra kedepan bersama pemerintah dalam bergerak, mengajak, mengedukasi  masyarakat ataupun komunitas untuk menjaga kebersihan, mengurangi dan memilah sampah dari sumbernya.," tuturnya. 

Sementara Ketua Panitia World Cleanup Day (WCD) 2022 Jakarta, Novi Tadonfo mengatakan kegiatan ini dilakukan sejak tanggal 1 September hingga 16 September.  "Diikuti oleh 44 kecamatan, 267 kelurahan yang tersebar di 600 titik dari lima wilayah Kota DKI Jakarta. Target sampah yang dikumpulkan sebanyak 100 ton dan Jakarta Utara telah memberikan kontribusi yang besar dalam mencapai target tersebut dengan mengumpulkan sampah sebanyak 46 ton 264 kilogram bersama 35.934 orang peserta yang berpartisipasi," katanya. 

Hadir bersama Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dalam kegiatan ini adalah Gubernur Distrik 307 A1 Lions Club, Reiny Z Arifin, Ketua BKSP DPD RI, Sylviana Murni, Direktur Penanganan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Novrizal Tahar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Hariyadi, dan Kabag PKLH Setko Jakarta Utara, Ardan Solihin.