Berita Wilayah

Sudin Sosial Jakarta Utara Gelar Kegiatan Peningkatan Kemampuan Potensi TKSK Kewenangan Provinsi TA 2024

Sudin Sosial Jakarta Utara Gelar Kegiatan Peningkatan Kemampuan Potensi TKSK Kewenangan Provinsi TA 2024

Suku Dinas Sosial Jakarta Utara melalui Seksi Pemberdayaan Sosial dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Potensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kewenangan Provinsi. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini yaitu pada tanggal 14-15 Mei 2024, bertempat di Ruang Rapat Bersama Lantai 10, Kantor Walikota Jakarta Utara.

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Fatmawati, membuka kegiatan ini yang dihadiri oleh TKSK dari 6 (enam) kecamatan di Jakarta Utara, Kasatpel Sosial Kecamatan, dan Penyuluh Sosial. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan TKSK dalam mengelola kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan.


Peningkatan kemampuan dilakukan melalui diskusi dan pembahasan materi yang disampaikan oleh narasumber ahli. Pada hari pertama, materi yang dibahas antara lain "Memikirkan Ulang Penanggulangan Masalah Sosial di Daerah Khusus Jakarta (Rethinking Handling Social Problems in the Special Region of Jakarta)" oleh Dr (Cand). Maykel Ifan, S. Sos., M. Sos. dari Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI), serta "Tugas Peran dan Fungsi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)" oleh Drs. Suharto, M.Si. dari Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sementara pada hari kedua, materi yang disajikan meliputi "Standar Nasional SDM Penyelenggara Kesejahteraan Sosial" yang disampaikan oleh Drs. Suharto, M.Si. dari Kementerian Sosial, serta "Peran TKSK dalam Keberlanjutan Daerah Khusus Jakarta Pendekatan Intervensi Makro" yang dibawakan oleh Maykel Ifan, S.Sos., M.Sos. dari IPSPI.


Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para TKSK dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan, khususnya di Daerah Khusus Jakarta.

Selain itu, TKSK diharapkan dapat lebih mampu menghadapi tantangan kompleks dalam menangani berbagai masalah sosial di lingkungan mereka, serta mampu memberikan kontribusi yang lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Jakarta Utara.


Bagikan: