Administrasi & Kesra

Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara Rencanakan Jalin Kerja Sama Puskesmas Hingga Rumah Sakit di Tahun 2024

Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara Rencanakan Jalin Kerja Sama Puskesmas Hingga Rumah Sakit di Tahun 2024

KOMINFOTIK JU - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara kian menggiatkan penanganan narkotika melalui program rehabilitasi. Tak hanya mengandalkan diri sendiri, program rehabilitasi akan merambah pada kerja sama dengan Puskesmas hingga Rumah Sakit. 


"Kami akan bekerjasama dengan Puskesmas Cilincing dan Puskesmas lainnya juga, termasuk dengan rumah sakit, klinik, maupun yayasan yang mau membuka layanan rehabilitasi," kata Sub Koordinator Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara, dr. Novianti Purnamasari saat dikonfirmasi, Senin (22/1). 


Program Rehabilitasi Intervensi Berbasis Masyarakat juga dipastikanya berjalan di Kelurahan Semper Barat dan Kelurahan Penjaringan pada 2024.


Tak luput pihaknya pun akan meningkatkan mutu pelayanan pada penilaian akreditasi Klinik Pratama BNNK Jakarta Utara. 


"Untuk tahun ini, program Rehabilitasi IBM berada di Kelurahan Semper Barat dan Kelurahan Penjaringan. Tentunya IBM ini mengedepankan peran masyarakat setempat untuk turut andil dalam penanganan narkotika melalui rehabilitasi sehingga terwujudnya Kelurahan Bersinar (Bersih Narkotika)," ungkapnya. 


Mengulas tahun 2023 lalu, dia menjabarkan capaian program yang telah terlaksana antara lain tercapainya nilai 3,89 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), nilai 3,62 Indeks Kapabilitas Rehabilitasi (IKR), dan 98,33 nilai peningkatan Kualitas Hidup Klien (KHK), tercapainya target 125 klien dari target 100 klien, dan pulihnya dan produktifnya klien pasca mengikuti program rehabilitasi.


Begitupun adanya penambahan fasilitas kesehatan yang membuka layanan rehabilitasi narkoba di Puskesmas Cilincing, dan keikutsertaan prioritas nasional akreditasi Klinik Pratama BNNK Jakarta Utara.


“Tentunya capaian tahun 2023 menjadi cerminan kami dan akan terus ditingkatkan pada tahun 2024 ini dengan beragam upaya kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Masyarakat itu sendiri,” tutupnya.

Bagikan: