Administrasi & Kesra

Dukung UHC, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Gelar Advokasi dan Sosialisasi Pembiayaan Kesehatan di Jakut

Dukung UHC, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Gelar Advokasi dan Sosialisasi Pembiayaan Kesehatan di Jakut

KOMINFOTIK JU - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Pembiayaan Kesehatan mendukung Universal Health Coverage (UHC) di Ruang Pola, Kantor Walikota Kota Adminitrasi Jakarta Utara, Senin (11/12).

Dalam acara tersebut, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, dr. Lysbeth Regina Pandjaitan menyampaikan bahwa UHC merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. 

“Data capaian UHC DKI Jakarta adalah 98,49% dimana Indonesia saat ini mencapai 93,59% sedangkan di Jakarta Utara sendiri capain UHC sebesar 99.19%," ungkapnya.

Sosialisasi pembiayaan kesehatan dalam mendukung UHC difokuskan untuk koordinasi lintas sektor agar dapat memberikan dukungan dalam peningkatan ketepatan sasaran baik PPU, PBI JK, PD Pemda maupun PBPU Mandiri berupa pemadanan data secara berkala serta sosialisasi dan membantu melakukan kampanye Mandiri Itu Keren kepada masyarakat untuk mendorong masyarakat yang merasa mampu untuk melakukan pengalihan kepesertaan  Jaminan Kesehatan Nasional dari PD Pemda menjadi mandiri ataupun PPU.

Saat membuka acara Advokasi dan Sosialisasi Pembiayaan Kesehatan mendukung UHC di Wilayah Kota Adminitrasi Jakarta Utara, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Andri menyatakan dukungannya terhadap kampanye Mandiri Itu Keren. 

“Jangan sampai warga kita tidak punya jaminan kesehatan dan juga jangan sampai jaminan kesehatan yang dimiliki warga kita tidak sesuai dengan kemampuannya oleh karena harus disosialisasikan kampanye Mandiri Itu Keren," tegasnya.

Untuk meningkatkan wawasan para peserta, dua narasumber turut dihadirkan yaitu drg. Nuniek Ria Sundari, Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Informasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Ropik Patriana selaku Kepala Cabang BPJS Jakarta Utara.

Bagikan: