Edukasi

Kampung KB RPTRA Triputra Persada Hijau Gelar Poktan Ketahanan Keluarga

Kampung KB RPTRA Triputra Persada Hijau Gelar Poktan Ketahanan Keluarga

Kampung KB RPTRA Triputra Persada Hijau Gelar Poktan Ketahanan Keluarga


Jakarta, 20 November 2023 - Kelompok Ketahanan Keluarga (Poktan Ketahanan Keluarga) menggelar kegiatan bertema 'Meningkatkan Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga' di Kampung KB RPTRA Triputra Persada Hijau, Senin (20/11). Kegiatan dihadiri kader poktan RW wilayah Kelurahan Semper Barat,  calon-calon pengantin dan mahasiswa dari universitas YARSI.


Kegiatan ini sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor e-0002 Tahun 2023 tentang Penyelengaraan Kampung Keluarga Berkualitas, sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas.


Dalam kegiatan ini, hadir narasumber dari PKKB Kelurahan Semper Barat, Triwidiastuti, Pokja IV Bidang Kesehatan RPTRA Triputra Persada Hijau dan Mariatus Solehah, serta PKK Kelurahan Semper Barat, Khodijah.


"Perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga," ujar Ibu Mariatus Solehah. "Perempuan berperan sebagai ibu, istri, dan pendidik bagi anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk menjalankan peran-peran tersebut."


"Perempuan harus memiliki peran yang setara dengan laki-laki dalam keluarga. Perempuan harus memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di keluarga," ujar Triwidiastuti, Selasa (21/11).


Sedangkan Khodijah menyampaikan bahwa kesehatan reproduksi adalah salah satu aspek penting dalam ketahanan keluarga. Kesehatan reproduksi adalah kondisi fisik, mental, dan sosial yang memungkinkan seseorang untuk menjalankan fungsi reproduksi secara sehat dan aman.


"Kesehatan reproduksi perempuan sangat penting untuk diperhatikan. Kesehatan reproduksi yang baik akan mendukung perempuan untuk menjalankan peran-peran utamanya dalam keluarga," ungkap Khodijah.


"Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya jadi tahu banyak hal tentang ketahanan keluarga, peran perempuan dalam keluarga, dan kesehatan reproduksi.," ujar salah satu peserta, Siti Aminah. 

Bagikan: