Berita Medsos

Ikatan Abang None Jakarta Utara Gagas Berchanting Bersama Utara

Ikatan Abang None Jakarta Utara Gagas Berchanting Bersama Utara

JAKARTA UTARA - Ikatan Abang None Jakarta Utara menggelar acara fashion show istimewa bertajuk "BerChanting Bersama Utara" untuk merayakan Hari Ibu dengan penuh makna bersama penyandang disabilitas pada 23 Desember 2023 lalu di pusat perbelanjaan By The Sea, Pantai Indah Kapuk. Enam desainer UMKM batik, antara lain Batik Marunda, Batik Sunter Nirmala, Batik Koja, Batik Maryam, Batik Nona Rara, dan Afsyara Gallery, turut memperkaya panggung dengan karya-karya yang memukau, mencerminkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia.

 

Lebih dari sekadar pertunjukan mode, "BerChanting Bersama Utara" menjadi wujud nyata dari pesan inklusi sosial dan wadah berekspresi teman-teman penyandang disabilitas. Acara ini diprakarsai oleh dua None Jakarta Utara 2023, Salma Putri Aliyyah dan Firdhausya Puspa, yang juga selaku Ketua Pelaksana acara.

 

“BerChanting bersama Utara ini merupakan bentuk janji kami saat karantina Abang None Jakarta Utara lalu ketika ditanya oleh juri mengenai kontribusi kepada pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta”, kompak ujar Salma dan Firdha ketika menyampaikan pesan pembuka acara.

 

Pertunjukan mode ini melibatkan 50 model, termasuk anggota komunitas disabilitas Jakarta, finalis Abang None Jakarta Utara, serta ibu-ibu mereka. Humaniora Indonesia dan Rumah Harapan Indonesia menjadi yayasan disabilitas dan rumah singgah anak-anak penyintas kanker yang turut berpartisipasi memeriahkan acara ini. 

 

Selain itu, acara ini juga didukung oleh berbagai pihak, seperti Ibu Shinta Nindyawati selaku Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Utara dan Prasetyo selaku Ketua Ikatan Abang None (IANTA) Jakarta 2023.

 

“Alhamdulilah acara ini selesai lancar dan dijalankan serta sangat sukses. Dari amanah Ketua IANTA 2023, insya allah kita sanggup mengkolaborasikan ini secara lebih besar lagi. Untuk kedepan kita akan mengevaluasi semuanya untuk program kerja Abang None Jakarta Utara di tahun 2024,” ujar Ketua Ikatan Abang None Jakarta Utara, Jihan Amirah.

 

 

Para desainer serta komunitas disabilitas yang berkolaborasi di acara BerChnting Bersama Utara ini juga mengaku bangga dan senang dapat turut mensukseskan acara ini. “Ini acara yang luar biasa dan bangga bisa berpartisipasi dalam acara ini. Saya harap kedepannya semoga batik Jakarta Utara bisa disebarluaskan lagi serta jangkauannya bisa di sebar di seluruh Indonesia pada umumnya dan luar negeri pada khususnya” sebut pemilik Afsyara Gallery.

 

Abang None Jakarta Utara, sebuah kelompok pemuda yang secara aktif memberikan kontribusi positif untuk memajukan budaya dan masyarakat Jakarta Utara, mengungkapkan kebanggaan atas kesuksesan "BerChanting Bersama Utara. Acara ini tidak hanya merayakan keindahan batik, tetapi juga menjadi inspirasi bagi solidaritas sosial, memberikan warna tersendiri pada peringatan Hari Ibu.

Bagikan: