Perekonomian & Pembangunan

Aksi Bersih-Bersih Sampah di Kampung Nelayan Kalibaru

Aksi Bersih-Bersih Sampah di Kampung Nelayan Kalibaru

KOMINFOTIK JU - Aksi bersih-bersih sampah secara serentak dilakukan di wilayah Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Selasa (30/1). Sekitar 110 petugas gabungan dikerahkan untuk melaksanakan pembersihan sampah di sejumlah lokasi. 

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi masalah hamparan sampah yang kerap terjadi di kampung nelayan yang berdekatan dengan tanggul laut," jelas Lurah Kalibaru, Rusmin saat dikonfirmasi. 

Sejumlah lokasi yang menjadi target pembersihan diantaranya, Plaza Kalibaru, Taman Bermain PT PIN, TPI Kalibaru, Taman Tanggul Pantai PT PIN, Kolam Retensi Kalibaru, Kolam Retensi RW 04, dan 15 Kelurahan Kalibaru. 

"Mari kita jaga kebersihan lingkungan, jangan ada sampah yang berserakan apalagi masuk ke dalam sungai ataupun saluran. Jika kita konsisten terhadap hal itu maka lingkungan kita akan terjaga kebersihannya, aman, nyaman, bebas dari banjir, dan polusi," imbaunya. 

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Sampah Badan Air (UPSBA) Jakarta Utara, M Chusaeri mengatakan, untuk aksi bersih-bersih kali ini, UPSBA menerjunkan 40 petugas untuk membersihkan sampah di area kampung nelayan Kalibaru. 

"Sejauh ini, sampah yang sudah dikumpulkan mencapai 20 meter kubik atau setara 7,06 ton. Kita akan terus melakukan pemantauan agar tumpukan sampah seperti tahun lalu tidak terulang kembali," harapnya. 

Untuk mendukung pelaksanaan aksi bersih-bersih sampah di wilayah Kelurahan Kalibaru, pihaknya menerjunkan lebih dari tujuh truk tipper kecil dan mobil pick up, serta satu kapal sampah milik Sudin LH Kepulauan Seribu.

Bagikan: