Berita Foto

Jakarta Utara Gelar Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2024 dengan Tema "Menuju Jakarta Utara Eliminasi TB"

Jakarta Utara Gelar Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2024 dengan Tema "Menuju Jakarta Utara Eliminasi TB"

Semper Barat, Jakarta Utara - Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2024, Kelurahan Semper Barat, Jakarta Utara, Mengikuti kegiatan bertajuk "Menuju Jakarta Utara Eliminasi TB dengan Basmi TBC ( Barisan Masyarakat Peduli TBC )" dengan fokus pada pemberantasan TBC secara daring di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pesona Tipar. Kegiatan yang berpusat di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Manunggal Juang ,Sukapura. 


Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekretaris Kelurahan (Sekel), Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasi Kesra), Kapustu Semper Barat 2, PKB Kelurahan Semper Barat, Tim Penggerak PKK Semper Barat, Ketua RW 04, Kader TB Semper Barat, Para Ketua Posyandu RW 04, Pengelola RPTRA Kelurahan Semper Barat.


Acara ini diawali dengan sambutan dari tamu Undangan dan Walikota Jakarta Utara, dilanjutkan dengan deklarasi dan penandatanganan komitmen kelurahan siaga TBC di masing-masing kelurahan. Deklarasi ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan Jakarta Utara bebas dari TBC.


Salah satu fokus utama kegiatan ini adalah pemberantasan TBC Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Dalam kegiatan ini, dilakukan sosialisasi tentang TBC melalui media sosial, website, dan aplikasi mobile. Selain itu, juga disediakan layanan konsultasi online bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang TBC atau ingin memeriksakan diri.


TBC merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang usia, jenis kelamin, maupun status sosial ekonomi. Oleh karena itu, upaya eliminasi TBC perlu dilakukan secara berkelanjutan sesuai Keputusan Gubernur Nomor 712 Tahun 2023.


Kegiatan peringatan HTBS ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang TBC dan mendorong partisipasi aktif dalam upaya eliminasi TBC. Dengan kerjasama dari semua pihak, diharapkan Jakarta Utara dapat terbebas dari TBC di masa depan.(Gunawan.DIP)

Bagikan: