Berita Foto

Giat Kerja Bakti di Kali Gubuk Genteng RW 04 Semper Barat di Musim Penghujan

Jakarta, 12 Februari 2024 – Menjelang musim penghujan, Unit Penanganan Sampah Badan air (UPS) dan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Semper Barat mengadakan giat kerja bakti di Kali Gubuk Genteng RW 04, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan sampah dan lumpur yang menghambat aliran air, sehingga dapat mencegah terjadinya genangan dan banjir saat musim hujan.

Kerja bakti ini diikuti oleh puluhan petugas Unit Penanganan Sampah Badan air (UPS) dan PPSU, serta dibantu oleh warga sekitar. Mereka bahu-membahu membersihkan sampah dan lumpur yang ada di kali. Selain itu, mereka juga membersihkan bantaran kali dari rumput liar dan tanaman yang dapat mengganggu aliran air.

Kasi Ekbang Kelurahan Semper Barat, Henny Setiana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi genangan dan banjir di musim penghujan.

"Kerja bakti ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kelancaran aliran air di Kali Gubuk Genteng," kata Kasi Ekbang Kelurahan Semper Barat  "Dengan demikian, diharapkan dapat meminimalisir potensi genangan dan banjir di wilayah RW 04 dan sekitarnya."

Ia juga menghimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, terutama di kali.

"Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari genangan air," ajak Kasi Ekbang Kelurahan Semper Barat.

Kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mengantisipasi genangan air di musim penghujan.

Kegiatan serupa akan terus dilakukan oleh Dinas UPS Badan Air dan Kelurahan Semper Barat secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan fungsi Kali Gubuk Genteng. Sesuai Dengan Perda DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perubahan  Atas Peraturan Daerah No 3 Tahun 2013 Tentang pengelolaan Sampah.(Gunawan)

Bagikan: