Foto Kegiatan

Budidaya Lele

Lurah Pluit meninjau Muara Angke Budidaya Lele (Muke Gile) Kamis, 16 Mei 2024, Program CSR Nusantara Regas yang memberdayaan pemuda Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara, yang digagas sejak September 2023 ini sukses membesarkan 300 ekor bibit lele atau sekitar 40-kilogram ikan yang layak dijual dan dikonsumsi dengan kualitas baik.

Lurah Pluit berterima kasih kepada CSR PT. Nusantara Regas yang telah berhasil membina dan membantu warga pluit dan berharap program tersebut dapat berkembang sehingga memberi manfaat lebih banyak, khususnya bagi warga Kelurahan Pluit.

Pembudidayaan lele dilakukan di Kaliasin, Pluit, Jakarta Utara. Hasil panen ini sebagian disalurkan kepada para ibu-ibu sekitar RW. 01 yang memiliki balita dan anak-anak guna menjadi makanan cegah stunting. Selain itu, hasil pembudidayaan ini juga dijual kepada pemilik warung lele di sekitar lokasi. Lele dikenal memiliki zat besi dan vitamin B12, lele yang kaya akan nutrisi esensial diharapkan dapat meningkatkan asupan gizi di kalangan balita, berkontribusi dalam penanganan stunting, dan menurunkan angka prevalensi balita stunting di Muara Angke. Ini juga sejalan salah satu bentuk dukungan PT Nusantara Regas terhadap prioritas Program Percepatan Penurunan Stunting yang dicanangkan Pemerintah menurunkan angka prevalensi balita stunting hingga 14% pada tahun 2024. Keberhasilan budidaya lele ini membanggakan para pemuda pelaksananya. “Pada banyak yang seneng, dan banyak juga yang mendukung program ini. Kemarin kita juga bagi-bagi hasil panen ini ke wilayah RT dan RW, dan masyarakat sekitar. Spot panen lele ini juga banyak dinikmati warga sekitar,” kata Aput, salah satu perwakilan Karang Taruna RW 01 Muara Angke. "Di satu sisi pemuda karang taruna mendapatkan pemasukan sementara di sisi lain upaya pencegah stunting berjalan. Jadi ini saling menguntungkan dan manfaatnya besar. Selanjutnya kita harapkan ini bisa berkelanjutan.


Redaksi Ratna Dumila Nusantara Regas (ratna.dumila@pertamina.com)


Bagikan: