(62-21) 4303111

BERITA

Basecamp Relawan dan Penggiat Anti Narkoba Resmi Beroperasi di Kantor Kelurahan Pluit, Tekan Penyalahgunaan ke Titik Akar

  • Beranda
  • Berita
  • Basecamp Relawan dan Penggiat Anti Narkoba Resmi Beroperasi di Kantor Kelurahan Pluit, Tekan Penyalahgunaan ke Titik Akar

Basecamp Relawan dan Penggiat Anti Narkoba Resmi Beroperasi di Kantor Kelurahan Pluit, Tekan Penyalahgunaan ke Titik Akar

KOMINFOTIK JU - Sebuah Posko Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) resmi beroperasi di Lantai 3, Kantor Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (2/8).

Posko menjadi tempat berkumpul (Basecamp) bagi para relawan maupun penggiat anti narkoba menekan angka penyalahgunaan narkoba hingga ke titik akar permasalahan.

Asisten Pemerintahan Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Iyan Sopian Hadi mengutarakan kehadiran Posko P4GN di Kelurahan Pluit merupakan komitmen bersama dalam mewujudkan Program Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar). 

Dikatakan sebagai komitmen bersama dikarenakan mewujudkan pelaksanaan P4GN bukan sekadar tugas pemerintah, aparatur, maupun Badan Narkotika Nasional (BNN) semata, melainkan tugas bersama mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, maupun pemangku kepentingan (stakeholder).

"Ini merupakan komitmen bersama mendukung Program Bersinar. Kita terus memotivasi agar masyarakat hingga stakeholder berperan aktif, ikut serta, dan bertanggung jawab terhadap P4GN di sekitar kita," ungkap Iyan Sopian Hadi saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (2/8).

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhistira menerangkan masuknya Program Kelurahan Bersinar di Kelurahan Pluit dikarenakan wilayah tersebut masuk dalam kategori waspada terhadap penyalahgunaan narkoba.

Kehadiran Program Kelurahan Bersinar tersebut diyakini dapat menekan angka penyalahgunaan narkoba, apalagi dengan keterlibatan masif seluruh elemen masyarakat dan stakeholder pada sejumlah langkah P4GN yang dilakukan.

"Kelurahan Pluit ini masuk kategori waspada, artinya banyak pengguna dan pengedar namun tidak ada kasus narkoba yang signifikan. Untuk itu, Program Kelurahan Bersinar kita hadirkan di wilayah ini sehingga dapat menekan itu," terangnya.

Menanggapi kehadiran Posko P4GN di Kantor Kelurahan Pluit, Sub Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan (P2M) Badan Narkotika Nasional Kota Administrasi Jakarta Utara, R.B. Indira Maharani memastikan posko bukan bukan sekadar simbol dalam mewujudkan Program Kelurahan Bersinar. 

Posko menjadi tempat berkumpul (Basecamp) bagi relawan, penggiat anti narkoba, maupun masyarakat dalam diskusi, merumuskan, sosialisasi, edukasi langkah dalam P4GN hingga ke titik akar permasalahan di wilayah tersebut.

"Jadi masyarakat, agen, maupun penggiat anti narkoba ini menjadi jembatan kami (BNNK) Jakarta Utara dalam menjangkau korban penyalahgunaan narkoba. Apalagi setiap langkah kami selalu mengedepankan IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) baik pada Program P2M maupun Program Rehabilitasi sekalipun," tutup R.B. Indira Maharani.