(62-21) 4303111

BERITA

Antisipasi Genangan, Warga dan Petugas Pelangi Kerja Bakti di Kampung Tanah Merah

  • Beranda
  • Berita
  • Antisipasi Genangan, Warga dan Petugas Pelangi Kerja Bakti di Kampung Tanah Merah

Antisipasi Genangan, Warga dan Petugas Pelangi Kerja Bakti di Kampung Tanah Merah

KOMINFOTIK JU - Walikota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim bersama jajarannya memantau kegiatan kerja bakti di Kampung Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Minggu (10/10).

Kerja bakti dilaksanakan secara kolaborasi antara warga dan petugas pelangi Kecamatan Koja mulai dari Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air, Satpel Bina Marga, Satpel Pertamanan dan Hutan Kota, dan Satpel Lingkungan Hidup.

"Sekarang kami meninjau di Kampung Tanah Merah RW (Rukun Warga) 09, 10, dan 11. Ini sangat baik karena warga ikut terlibat karena warga yang tahu titik-titik permasalahannya," kata Ali saat ditemui di Kawasan Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (10/10).

Tak hanya di sini, dijelaskannya kerja bakti ini juga serentak dilaksanakan di seluruh wilayah perkampungan di Jakarta Utara. 

Warga bersama petugas pelangi berkolaborasi membersihkan lumpur dan sampah di saluran air hingga membersihkan jalan. 

"Yang pasti kami dukung kerja bakti yang dilakukan warga ini dengan bantuan petugas," jelasnya.

Dalam skala yang lebih besar, diterangkannya kerja bakti serupa digelar di tingkat kecamatan dan kota dengan penamaan gerebek lumpur.

Gerebek lumpur ini diikuti petugas gabungan dengan jumlah yang lebih besar dan biasanya menggunakan alat berat.

"Gerebek lumpur hanya istilah saja. Yang dibersihkan itu juga termasuk lumpur, sampah, dan lain sebagainya yang menyumbat saluran air dan bisa menyebabkan terjadinya genangan," tutupnya.