(62-21) 4303111

BERITA

21 Anak Balita Berhasil Meraih Sertifikat Kelulusan Sebar Cinta

  • Beranda
  • Berita
  • 21 Anak Balita Berhasil Meraih Sertifikat Kelulusan Sebar Cinta

21 Anak Balita Berhasil Meraih Sertifikat Kelulusan Sebar Cinta

KOMINFOTIK JU - Untuk mencegah stunting pada anak balita, Puskesmas Kecamatan Cilincing menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk Foodbank of Indonesia (FOI) dalam hal edukasi pola makan, penyediaan bahan pangan, cara pengolahan hingga pemberian makanan tambahan untuk anak balita.

"Anak balita yang masuk kategori stunted akan kita intervensi melalui pengaturan pola makan dengan memberikan makanan yang benar dan bergizi sesuai dengan kebutuhan masing-masing balita," ungkap Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Raden Achmad Sigit dalam kegiatan Sebar Cinta (Semper Barat Cegah Stunting Balita) di RPTRA Triputra Persada Hijau, Kamis (19/1).

Dengan kekuatan sinergi dalam upaya pencegahan stunting di wilayah Kecamatan Cilincing, Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing mengungkapkan ada 21 anak balita yang semula ada gejala stunted kini telah mencapai status gizi tinggi badan normal.

"Kami berikan sertifikat kelulusan Sebar Cinta untuk 21 anak balita yang pertumbuhannya mengalami peningkatan. Ini sebagai bukti bahwa dengan pola makan yang benar di setiap harinya akan bisa meningkatkan tinggi badan ataupun berat badan sesuai dengan standar," terangnya didampingi Kepala Puskesmas Kelurahan Semper Barat II, drg. Lesti Harni.

Sebagai upaya pencegahan stunting, pihak Puskesmas Kecamatan Cilincing bersama jajarannya akan mengoptimalkan pelayanan skrining kesehatan pada anak balita di sejumlah Posyandu. "Untuk mendeteksi dan memastikan bahwa anak balita yang datang ke Posyandu itu benar-benar normal, ada gejala stunted atau stunting biar kita cepat melakukan penanganan," tegas dr. Raden Achmad Sigit.

Langkah cepat upaya pencegahan stunting yang dilakukan oleh jajaran Puskesmas Kecamatan Cilincing mendapatkan apresiasi dari Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Alwi yang hadir langsung dalam kegiatan Sebar Cinta di RPTRA Triputra Persada Hijau.

"Insya Allah, kedepannya program penanganan stunting akan segera kita tuntaskan. Saya juga berpesan kepada orang tua balita agar selalu memperhatikan tumbuh kembang anak dan mengurus anak-anaknya dengan baik. Semua itu harus ada komunikasi, jangan merasa malu untuk menyampaikan bahwa anaknya kurang gizi tapi segera lakukan konsultasi kesehatan ke Posyandu ataupun Puskesmas agar mendapatkan penanganan," imbau Muhammad Alwi didampingi Sekretaris Kecamatan Cilincing, Idham Mugabe.

Sementara itu, peran aktif dari orang tua balita untuk ikut peduli terhadap pemantauan tumbuh kembang anak sangat diharapkan. "Sejak Juli 2022 sampai Januari 2023, anak saya ikut program Sebar Cinta, alhamdulilah sekarang sudah lulus dan mendapatkan sertifikat. Banyak ilmu yang saya dapatkan terutama dalam mengolah makanan yang baik untuk peningkatan gizi anak dan disini peran orang tua benar-benar sangat dibutuhkan. Dulu, anak saya susah makan sehingga berat badannya kurang tapi alhamdulillah sekarang ini tinggi badan dan berat badannya terus bertambah. Dalam waktu 6 bulan berat badannya naik 5 Kg. Setiap bulannya, saya juga rutin bawa anak ke Posyandu biar terpantau pertumbuhannya," ujar Mastiri, warga RW 03 Kelurahan Semper Barat.