(62-21) 4303111

BERITA

108 Peserta Ikuti STQ XXVII Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara

  • Beranda
  • Berita
  • 108 Peserta Ikuti STQ XXVII Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara

108 Peserta Ikuti STQ XXVII Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara

KOMINFOTIK JU - Sebanyak 108 peserta yang merupakan perwakilan terbaik dari enam kecamatan dikerahkan untuk mengikuti kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) XXVII Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara yang berlangsung mulai tanggal 17-18 November 2022 di Halaman Plaza Barat, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara.

Kegiatan STQ dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan ada beberapa kategori yang dilombakan yaitu Tahfidz 1 Juz dan Tilawah, Tahfidz 5 Juz dan Tilawah, Tilawah Al Qur'an untuk golongan anak-anak dan dewasa.

"STQ ini sudah dinantikan oleh masyarakat terutama anak-anak kita. Untuk itu, pelaksanaan STQ jangan hanya sekedar rutinitas tetapi harus bisa mengimplementasikannya terutama dalam kehidupan sehari-hari, berdampak terhadap masyarakat sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," jelas Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim didampingi Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini saat pembukaan STQ XXVII Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (17/11).

Ali berharap STQ bisa menjadi sumber kesejukan. "Kita buktikan bahwa Al Qur'an itu membawa kesejukan dan kedamaian. Bukan hanya mendengar tapi merenungkan bagaimana lantunan ayat suci Al Qur'an yang dibaca tersebut bisa memperkokoh keimanan, ketaqwaan, dan mempertebal akhlakul karimah," tuturnya.

Untuk menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik di Jakarta Utara bahkan Provinsi dan Nasional, Ali juga berpesan kepada jajaran LPTQ Jakarta Utara agar terus meningkatkan pembinaan kepada generasi muda di seluruh lapisan masyarakat supaya lebih mengenal dan mencintai Al Qur'an.

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Jakarta Utara, Muhammad Shidik mengungkapkan bahwa rangkaian acara pembukaan STQ XXVII meliputi pawai ta'aruf dari kafilah se-Jakarta Utara kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan dan penetapan Dewan Hakim dan Panitera STQ XXVII oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara.

Sedangkan pelaksanaan STQ XXVII mengangkat tema melalui pengamalan nilai-nilai Al Qur'an kita wujudkan generasi Qur'an yang berakhlakul karimah. "Sudah dua kali saya ikut STQ hingga ke tingkat Provinsi DKI Jakarta namun gagal dan itu menjadi penyemangat saya untuk ikut STQ di tahun ini. Saya semakin giat berlatih dan juga mengajak teman-teman untuk lebih mencintai Al Qur'an," terang Wardah Dina, peserta STQ kategori Tilawah Al Qur'an golongan anak-anak dari Kecamatan Koja.