(62-21) 4303111

News Article

Image

Petugas Gabungan Keruk Sedimen Lumpur di Kolong Jembatan Lagoa Kanal

KOMINFOTIK JU - Petugas gabungan bekerjasama mengeruk sedimen lumpur di kolong jembatan Lagoa Kanal, Koja, Jakarta Utara. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan genangan di musim penghujan mendatang.

Satuan Pelaksana Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Koja Jeri Widian mengatakan, puluhan petugas tengah berjibaku mengeruk sedimen lumpur di kolong jembatan Lagoa Kanal, Koja, Jakarta Utara. Pengerjaan ditargetkan rampung dalam sepekan ke depan.

“Saat ini masih terus kita kerjakan (pengerukan sedimen lumpur) di sana. Targetnya sepekan ke depan rampung,” kata Jeri saat dikonfirmasi, Selasa (29/9).

Dijelaskannya, pengerukan lumpur sedalam 60 sentimeter ini dilakukan secara manual tanpa alat berat. Lumpur diangkut dari kali tersebut menggunakan cangkul dan ember yang dimasukkan ke dalam karung.

“Kita tidak bisa pakai alat berat di sana karena terhalang jembatan. Jadi petugas mengeruk lumpurnya secara manual,” jelasnya.

Sementara Lurah Koja Frimelda Novarita menerangkan, sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum ditugaskan membantu mengangkat hasil pengerukan sedimen lumpur. Diharapkan dengan adanya bantuan petugas, pengerukan lumpur rampung sesuai target sebelum hujan melanda Ibu Kota.

“Kali itu kan ujungnya dari Lagoa Kanal. Harus kita antisipasi agar aliran air lancar menuju laut,” tutupnya.