(62-21) 4303111

News Article

Image

Terminal Tanjung Priok Tak Layani Operasional Bus AKAP, Penumpang Bersyarat Diarahkan ke Terminal Pulo Gebang

KOMINFOTIK JU - Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara memastikan belum melayani moda trasnportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Penumpang diarahkan ke Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Pantauan, Terminal Tanjung Priok nampak sepi aktivitas. Tak satu pun bus AKAP parkir di dalam terminal tersebut. 

Aktivitas penumpang hanya nampak pada moda transportasi dalam kota dan Trans Jakarta yang masih melayani penumpang.

Kepala Terminal Tanjung Priok Mulya  memastikan tak ada operasional bus AKAP yang melayani penumpang. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta yang hanya mengizinkan bus AKAP beroperasi di Terminal Terpadu Pulo Gebang. 

"Di sini (Terminal Tanjung Priok) belum ada instruksi pelaksanaan operasional bus AKAP," kata Mulya, saat dikonfirmasi, Senin (11/5).

Penumpang yang hendak berpergian ke luar kota, diarahkannya menuju Terminal Terpadu Pulo Gebang. Itu pun dipastikan harus sesuai dengan kriteria seperti bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan pelayanan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pelayanan ketahanan dan pertahanan, ketertiban umum, dan pelayanan kesehatan.

Termasuk pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pendukung dan pelayanan fungsi ekonomi penting, serta penumpang yang membutuhkan layanan kesehatan darurat.

"Yang mau ke luar kota juga harus memenuhi syarat khusus. Tidak diperbolehkan jika tidak sesuai kriteria," tegasnya.

Diketahui, ketidakadanya operasional bus AKAP di Terminal Tanjung Priok berlaku sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada April 2020 lalu. Operasional moda transportasi hanya berlaku bagi angkutan kota dan Trans Jakarta dengan penerapan sederet protokol kesehatan.