(62-21) 4303111

News Article

Image

Wali Kota Ajak Warga Kurangi Sampah Plastik Di HBKB Sunter

Kominfotik JU - Acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara berlokasi di Kawasan Danau Sunter Selatan pada Minggu (19/1) diisi dengan berbagai macam kegiatan antara lain aktivitas olahraga, seni dan budaya sampai dengan sosialisasi dari petugas Pemadam Kebakaran.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan perlu adanya perlindungan lingkungan Khususnya terkait perlindungan manajeman pengolahan sampah di sekitar. "Kita harus sudah mulai melakukan pemilahan sampah. Dipisahkan apakah sampah tersebut dapat dikelola lebih lanjut ataupun tidak," katanya.

Menurut Sigit, dalam kesempatan ini Pemkot Jakarta Utara ingin menyampaikan Peraturan Gubernur No. 142 Tahun 2019 tentang kewajabinan penggunaan kantong pembelanjaan ramah lingkungan di pusat perbelanjaan, swalayan dan pasar rakyat. "Dan mulai menanggapinya menjadi hal positif, dimana mulai menggunakan atau membawa kantong belanjaan sendiri," katanya.

Dengan pola seperti itu, Sigit menuturkan masyarakat ikut membantu mengurangi sampah plastik yang saat ini sedang menjadi permasalahan di banyak tempat. "Dengan mengurangi penggunaan kantong belanja plastik, kita sudah dapat berkontribusi menciptakan Kota yang ramah lingkungan, Kota yang baik. Kalau bukan kita yang berbuat siapa lagi yang berbua," tuturnya.