(62-21) 4303111

News Article

Image

Puskesmas Kelapa Gading Semprot Cairan Disinfektan ke Rumah Warga

  • KOMINFOTIK JU – Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading menggelar kegiatan lisolisasi ke sejumlah pemukiman warga yang sebelumnya terdampak genangan. Dalam kegiatan ini petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke setiap rumah sebagai langkah pencegahan penyakit.

Kepala Puskesmas Kelapa Gading dr Selvy Deviana Anggraeni mengatakan, sejumlah petugas disebar ke pelosok pemukiman warga yang sebelumnya terdampak genangan. Memberikan perhatian khusus agar warga tidak terjangkit penyakit akibat genangan yang terjadi beberapa hari lalu.

“Petugas menyemprotkan cairan disinfektan berupa karbol agar membunuh kuman dan bakteri pasca terjadinya genangan,” kata Selvy, saat dikonfirmasi, Jumat (3/1).

Dijelaskannya, beragam penyakit akan timbul paca terjadinya genangan seperti diare, muntaber, demam, gatal-gatal, dan leptospirosis (penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ditemukan dalam air seni dan sel hewan yang terinfeksi). Cairan karbol pun secara estafet diberikan kepada lurah dan  pengurus RW untuk segera dibagikan kepada warga. 

“Kegiatan ini berkelanjutan dilakukan ke seluruh pemukiman warga yang terdampak genangan,” jelasnya.

Tak hanya itu, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan gerakan enam langkah cuci tangan juga dilakukan di Posko Pengungsian Masjid At Taqwa Kelurahan Pegangsaan Dua. Diharapkan dengan dilakukan sosialisasi ini, warga semakin paham terhadap kebersihan diri dan lingkungan agar tidak mudah terjangkit penyakit.

“Petugas kami juga masih disiagakan di posko pengungsian. Warga juga bisa berobat ke Puskesmas terdekat jika mengalami gangguan kesehatan,” tutupnya.