(62-21) 4303111

News Article

Image

Dialihkan Ke Waduk Cincin, TPS Kencana Resmi Ditutup

Kominfotik JU - Kecamatan Tanjung Priok segera melakukan penataan kolong Tol Wiyoto Wiyono di Jalan Sungai Bambu Raya RW 08, Kelurahan Sungai Bambu. Bekerjasama dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, lokasi yang belakangan dijadikan TPS (tempat pembuangan sementara) rencananya akan dipindahkan ke TPS Waduk Cincin, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok.

Wakil Camat Tanjung Priok Sarpu mengatakan jika wilayahnya saat ini sangat kekurangan TPS. "Dipilihnya lokasi tersebut menjadi lokasi pembuangan sampah sementara sudah berdasarkan rembuk bersama," katanya Selasa (21/1).

Meski menjadi tempat pembuangan sampah, Sarpu menjelaskan kondisi di sekitar lokasi tetap diupayakan kebersihannya. "Jadi setiap sampah yang masuk segera diangkut menuju Bantar Gebang sehingga setiap harinya lokasi tersebut bersih kembali," terangnya. " Pada lokasi tersebut juga ditempatkan mobil sovel sehingga proses penanganan sampah bisa dioptimalkan.

Sarpu menambahkan jika pembuangan sampah yang dilakukan oleh warganya di TPS Kencana terkelola dengan baik. "Setiap Kelurahan seperti Sungai Bambu, Kebon Bawang, Warakas dan Papanggo diberi waktu untuk membuang secara bergiliran. Namun terkait dengan penataan yang akan kita lakukan, pembuangan sampah ke depannya akan dialihkan ke TPS Waduk Cincin," terangnya.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Achmad Hariyadi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) selaku pemilik lahan kolong tol. "Hasilnya akan dilakukan penutupan pada TPS Kencana, dan hal tersebut sudah kita sepakati bersama," katanya.

Hariyadi menambahkan pengerjaan penutupan lokasi pembuangan sampah tersebut sudah dimulai. "Saat ini kami bersama Satpel Kecamatan Tanjung Priok sedang melakukan pembersihan, setelah itu lokasi tersebut akan langsung ditutup," pungkasnya.

Seiring dengan proses tersebut, Kecamatan Tanjung Priok terus melakukan sosialisasi kepada warganya untuk memindahkan lokasi pembuangan ke TPS Waduk Cincin yang ditargetkan mulai awal Februari mendatang.