(62-21) 4303111

News Article

Image

Sopir Bus AKAP di Terminal Tanjung Priok Jalani Tes Kesehatan

KOMINFOTIK JU – Ratusan sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Tanjung Priok menjalani tes kesehatan. Kegiatan ini dilakukan demi memberikan keselamatan penumpang pada momentum libur perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Petugas Kesehatan Puskesmas Tanjung Priok Suci Akmal mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi sopir AKAP di Terminal Tanjung Priok dimulai sejak 19 Desember 2019 sampai 6 Januari 2020. Hingga saat ini, tercatat 329 sopir bus AKAP telah menjalani tes kesehatan tersebut.

“Setiap sopir bus utama dan cadangan wajib menjalani tes kesehatan mulai dari tekanan darah, gula darah sewaktu, alcohol respirasi, dan amphetamine urin,” kata Suci, saat ditemui di Terminal Tanjung Priok, Senin (23/12).

Hingga saat ini, dijelaskannya seluruh sopir bus dinyatakan lulus tes kesehatan. Hanya saja, terdapat sejumlah sopir bus yang harus menjalani pemeriksaan lanjut di posko kesehatan karena hasil tes tekanan darah dan gula darah tinggi.

“Mereka (sopir bus) yang menjalani pengobatan lanjutan tetap diperbolehkan menarik penumpang. Kecuali jika kedapatan urin beralkohol dan amphetamine. Tapi selama ini belum ditemukan sopir bus yang seperti itu,” jelasnya.

Selain kesehatan sopir, Kepala Terminal Tanjung Priok Mulya menerangkan kelaikan armada bus AKAP menjadi salah satu fokus perhatiannya. Kelaikan itu dicek melalui Rump Check yang meliputi ban vulkanisir, rem, hingga perlengkapan palu pemecah kaca. 

“Total sudah 54 unit bus AKAP yang sudah dicek kelaikannya. Ada beberapa bus yang menggunakan ban vulkanisir, tapi ban itu langsung diganti sebelum bus kembali beroperasi,” jterangnya.

Seorang penumpang Dani Kulila (38) mengungkapkan, ketersediaan ruang tunggu menambah kenyamanan calon penumpang di Terminal Tanjung Priok. Bahkan, calon penumpang pun bisa menjalani tes kesehatan gratis di posko kesehatan yang berada di lantai dasar kantor Terminal Tanjung Priok.

“Saya fikir terminal ini sudah lebih baik ya. Ada ruang tunggu dan fasilitas lainnya yang dapat menambah kenyamanan calon penumpang,” tutupnya.

Diketahui, tercatat sebanyak 1.215 penumpang telah bertolak dari Terminal Tanjung Priok sejak Kamis (19/12) lalu. Diprediksi lonjakan penumpang akan terjadi mulai Senin (23/12) sore hingga Selasa (24/12) besok.