(62-21) 4303111

News Article

Image

Penataan Danau Sunter Libatkan Warga dan Pemilik Usaha

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Jakarta Utara menerapkan konsep kolaborasi bersama warga dan pemilik usaha dalam penataan Danau Sunter Selatan, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok. Kolaborasi diterapkan guna terwujudnya destinasi eko wisata di kawasan tersebut.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, penataan yang dilakukan sejatinya bertujuan agar kawasan Danau Sunter Selatan nampak lebih baik. Apalagi penerapan konsep kolaborasi dinilai akan semakin mempermudah dalam mewujudkan keinginan bersama.

"Kami (Pemerintah Kota Jakarta Utara) mengapresiasi masyarakat di wilayah Kelurahan Sunter Jaya termasuk juga para pedagang dan pengusaha pemancingan yang memahami, mengerti dan mendukung program penataan kawasan Danau Sunter," kata Sigit usai Tasyakuran Penataan Kawasan Danau Sunter Selatan, Danau Sunter Sisi Timur, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (5/12).

Dijelaskannya, keinginan warga dan pemilik usaha yang tidak mau kehilangan sumber pendapatan pasca penataan dipastikan akan diakomodir. Peran warga dan pemilik usaha akan memperkuat kawasan Danau Sunter sebagai destinasi eko wisata yang menarik pengunjung.

"Kami pastikan bahwa pasca penataan mereka tetap mendapatkan tempat untuk berusaha di kawasan Danau Sunter Selatan," jelasnya.

Dengan keterlibatan warga dan pemilik usaha, diterangkannya Danau Sunter tidak sekadar sebagai 'water reservoir' (penampungan air alami). Namun ju sebagai sarana edukasi, wisata, hingga ruang interaksi masyarakat.

"Kita harapkan ini bisa menjadi ruang publik yang bisa menjembatani interaksi antar seluruh komponen masyarakat yang ada," tutupnya.