(62-21) 4303111

News Article

Image

Pemkot Jakut Terima Aset Tanah Marga Jalan dan Drainase

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara menerima penyerahan aset berupa tanah marga jalan dan drainase dari pemegang Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) dan Izin Prinsip Penataan Ruang (IPPR). Proses serah terima aset dikuatkan melalui acara penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) dari pengembang kepada Wali Kota Jakarta Utara.

"Pengembang harus segera menuntaskan kewajibannya untuk menyerahkan aset fasos fasum ke Pemda DKI karena sering kali warga yang tinggal di komplek memprotes tentang jalan rusak dan lain-lain. Pemerintah tidak bisa masuk kesitu untuk melakukan perbaikan karena aset tersebut belum diserahkan pengembang dan warga tidak mengetahui hal itu," terang Ali Maulana Hakim, Wakil Wali Kota Jakarta Utara di Ruang VIP, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (13/12).

Apabila aset fasos dan fasum sudah diserahkan maka pemerintah akan segera menganggarkan untuk perawatannya. Dengan begitu keluhan warga terkait sarana dan prasarana terutama permasalahan taman, jalan dan saluran dapat diatasi.

"Aset yang sudah diserahkan ini secara otomatis tidak akan menjadi beban pengembang lagi karena sudah dilimpahkan ke pemerintah. Atas nama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, saya ucapkan terima kasih kepada para pengembang yang telah menyerahkan kewajibannya kepada pemerintah. Semoga ini bisa diikuti oleh perusahaan lainnya sehingga bermanfaat bagi orang banyak," ungkapnya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara, Suroto dan Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Ardan Solihin.

Sedangkan aset fasos fasum yang diserahkan hari ini meliputi tanah prasarana jalan dan tanah terbuka biru seluas 969 m2 senilai Rp 6.594.045.000 dari Ketua OSF Semarang c.q Yayasan Mardi Widayat. Kemudian PT. Makmur Jaya Serasi menyerahkan tanah marga drainase dan tata air serta tanah marga jalan seluas 14.966 m2 senilai Rp 681.776.130.000. Selanjutnya, PT. Kencana Unggul Sukses menyerahkan tanah marga jalan dan tanah penyempurna hijau taman seluas 13.294 m2 senilai Rp 331.858.122.000.