(62-21) 4303111

News Article

Image

Tingkatkan Aksesibilitas Lalu Lintas, Pemkot Jakarta Utara Uji Coba Jalan Inspeksi di PIK

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Jakarta Utara melakukan uji coba jalan inspeksi Kali Cengkareng Drain, Jalan Pantai Indah Timur, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/11). Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan aksesibilitas lalu lintas di kawasan tersebut.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Benhard Hutajulu mengatakan, uji coba jalan inspeksi Kali Cengkareng Drain tersebut merupakan upaya meningkatkan aksesibilitas lalu lintas. Menjadi alternatif pengendara dengan sistem satu arah dari Jalan Marina Raya menuju Jalan Pantai Indah Utara.

"Ada sekitar 20 petugas gabungan dari Suku Dinas Perhubungan dan Satpol PP, baik tingkat kota maupun kecamatan, termasuk aparat kepolisian satuan lalu lintas (satlantas) yang mengatur aksesibilitas di jalan inspeksi tersebut saat ini," kata Benhard, saat dikonfrimasi, Selasa (13/11).

Diharapkannya, uji coba jalur di jalan inspeksi tersebut dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas di sekitar PIK. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat dapat melintasi jalan inspeksi tersebut.

"Arus lalu lintas di PIK saat ini sudah mulai padat. Makanya kami (pemerintah) menerapkan uji coba jalan inspeksi ini sebagai alternatif lalu lintas pengendara," jelasnya.

Sebelum penerapan uji coba jalan inspeksi sepanjang 800 meter tersebut, Camat Penjaringan Muhammad Andri telah mensterilkan jalan inspeksi tersebut dari dari pagar yang dibuat warga setempat, Senin (11/11) lalu. Hal itu didasari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum.

"Jalan Pantai Indah Timur berdiri di atas tanah aset Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta. Maka jalan akan dimanfaatkan untuk kepentingan umum sehingga gerbang harus dibuka. Manfaatnya untuk mengurai arus lalu lintas pengendara yang akan menuju Kawasan Pluit dan Kapuk Kamal Kawasan Grisenda," tutupnya.