(62-21) 4303111

News Article

Image

Rumah Pompa BGR Kelapa Gading Siap Dioperasikan Musim Penghujan 2019

KOMINFOTIK JU - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara memastikan Rumah Pompa BGR Kelapa Gading siap dioperasikan pada musim penghujan tahun ini. Rumah pompa dianggap mempercepat pembuangan aliran air sehingga memperkecil terjadinya genangan.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara Adrian M Maulana mengatakan, Rumah Pompa BGR, Kelapa Gading masuk dalam pembangunan tahun anggaran 2019. Berfungsi untuk mempercepat aliran air menuju Kali Sunter.

"Saat ini progres pembangunannya sudah 80 persen. Sudah bisa dioperasikan pada musim penghujan yang diprediksi akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020," kata Adrian, saat dikonfirmasi, Kamis (21/11).

Dijelaskannya, Rumah Pompa BGR Kelapa Gading memiliki unit pompa dengan masing-masing mesin berkapasitas 2.000 liter per detik. Mesin pompa dioperasikan sekitar enam hingga delapan operator.

"Kehadiran rumah pompa ini dapat mengatasi genangan yang kerap terjadi di kawasan Kelapa Gading," jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya pun tengah membangun Rumah Pompa Bulak Cabe, Cilincing yang saat ini progresnya masih 60 persen. Rumah pompa ini akan diisi dua unit pompa dengan masing-masing mesin berkapasitas 3.500 liter per detik.

"Untuk Rumah Pompa Bulak Cabe, Cilincing ini belum bisa dioperasikan menghadapi musim penghujan tahun ini. Masih dalam progres pembangunan," tutupnya.

Kehadiran Rumah Pompa BGR Kelapa Gading menambah 19 rumah pompa yang sudah beroperasi sebelumnya di Jakarta Utara, dengan total 38 mesin pompa berkapasitas variatif. Antisipasi genangan ini juga dibantu dengan enam unit pompa mobile dan lima unit pompa portable yang siap dioperasikan sewaktu-waktu dibutuhkan.