(62-21) 4303111

News Article

Image

Menghadapi Adipura 2019, Pemkot Jakut Siapkan 79 Titik Lokasi

Kominfotik JU - Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam hal kebersihan serta pengelolaan lingkungan. Menyambut kejuaraan bergengsi tingkat Kota tahun 2019 ini, setidaknya ada 79 titik lokasi yang dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara.

Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan agar semua pihak mau bahu membahu mengharumkan nama Jakarta Utara. "Dengan semua hal yang sudah sering dilakukan, harusnya semuanya menjadi mudah dalam menghadapi Adipura 2019 ini. Dan dengan persiapan yang kita lakukan saat ini harusnya ada peningkatan buat Jakarta Utara. Penilaian ini menjadi tanggung jawab Jakarta Utara, bukan formalitas, tapi keseriusan kita semua dalam menata wilayah, tidak hanya dikerjakan oleh Camat Dan Lurah saja," katanya di Ruang VIP Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (28/11)

Untuk penilaian di tahun 2019 ini, Ali menambahkan ada dua kriteria yang harus diperhatikan dari 79 lokasi yang dipersiapkan oleh semuanya. "Pertama adalah Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada) dan yang kedua Kondisi Tempat Pengolahan Akhir (TPA). Dengan dua kriteria tersebut setidaknya kita sudah tau apa saja yang harus dikuatkan," katanya.

Sementara Kasudin Lingkungan Hidup Skamet Riyadi menambahkan dalam mekanisme pemantauan dan Penilaian Adipura tahun 2019, dibutuhkan laporan terbaru tentang kondisi TPST bantar Gebang, berikut upaya yang sudah dilakukan.  "Harus ada neraca pengelolaan sampah, berapa dididapat, berapa dikeluarkan atau lainnya. Di Utara baru dikelola sekitar 10,73% dari 900 - 1000 ton sampah setiap hari. Butuh dukungan dr semua pihakn upaya pengelolaan sampah. Untuk itu semua pihak dimohonkan kerjasama nya, saling membantu bergandengan tangan dalam masalah pengelolaan sampah," katanya.

Rencananya, penilaian Adipura di wilayah DKI Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal 25 November sampai dengan 7 Desember 2019 dan untuk wilayah Jakarta Utara akan mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2019.