(62-21) 4303111

News Article

Image

Kecamatan Koja Miliki 60 Bank Sampah

KOMINFOTIK JU - Hadirnya bank sampah di lingkungan masyarakat memberikan berbagai manfaat diantaranya mengurangi jumlah sampah yang akan dibuang ke TPST Bantar Gebang dan menambah penghasilan bagi nasabah bank sampah. Camat Koja, Ade Himawan menjelaskan, saat ini di wilayah Kecamatan Koja sudah memiliki 60 bank sampah. 

"Dari data yang kami punya di tahun 2016 baru ada 15 bank sampah di Kecamatan Koja. Kemudian terus bertambah dan hingga kini tercatat ada 60 bank sampah," jelasnya ketika menghadiri acara sosialisasi program Bank Sampah Berkah di Halaman Kantor Lurah Tugu Selatan, Rabu (13/11).

Bahkan dari 60 bank sampah tersebut, 2 diantaranya berhasil membangun masjid di Kelurahan RBS dan musholla di Kelurahan Lagoa dari hasil pengelolaan sampah. Kemudian Bank Sampah Majelis Taklim Kecamatan Koja meraih prestasi dengan inovasinya mengolah sampah plastik menjadi konblok.

"Kita kedepankan perubahan mindset dan karakter masyarakat. Dari perubahan perilaku akan memiliki rasa kepedulian untuk bersama-sama mengurangi sampah langsung dari sumbernya. Selain itu, melalui bank sampah, warga akan diberikan pemahaman mengenai cara mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai," ujar Ade Himawan.