(62-21) 4303111

News Article

Image

Gerakan Sadaqah Minyak Jelantah Kelurahan Sukapura Diluncurkan

Gerakan terima sadaqah minyak untuk mereka (Tersenyum) di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, resmi diluncurkan. Minyak jelantah yang dikumpulkan itu nantinya diolah kembali menjadi produk bio diesel dan hasil penjualannya akan dihimpun untuk kegiatan sosial.

Lurah Sukapura, Abdul Rahman mengatakan, kegiatan bekerjasama dengan salah satu lembaga sosial yang didukung CSR perbankan nasional. Utamanya, kegiatan ditujukan mengatasi limbah minyak jelantah untuk diolah kembali menjadi produk bernilai jual.

"Selama ini kita kurang awas penggunaan minyak goreng berulangkali yang menjadi jelantah. Padahal rawan ganggu kesehatan," katanya, Sabtu (16/11).

Dilanjutkan Abdul, selain penggunaan yang berulang akan menggangu kesehatan, penanganan limbah minyak jelantah dari rumah juga belum tertangani dengan baik. Selama ini warga masih secara serampangan membuang limbah minyak.

Dijelaskannya, secara teknis, derigen didistribusikan ke setiap RW untuk menghimpun donasi minyak jelantah dari warga. Nantinya secara rutin minyak jelantah itu akan dijemput petugas untuk dibawa ke lokasi penampungan pengolahan.

"Setiap RW sudah didistribusikan dirigennya. Teknisnya nanti akan dibahas pengangkutan dengan relawan," ujarnya.

Camat Cilincing, M Alwi mengapresiasi gerakan untuk mengatasi limbah minyak jelantah sambil beramal itu. Diharapkannya, gerakan bisa maksimal terealisasi dan menjadi pencontohan.

"Ini pertama di Jakarta Utara. Akan kita jadikan percontohan dan kembangkan ke kelurahan lain se Kecamatan Cilincing," tandasnya.