(62-21) 4303111

News Article

Image

Bank Sampah Berkah Tugu Selatan Olah Limbah Drum Menjadi Sofa

KOMINFOTIK JU - Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan berhasil mengolah limbah drum menjadi sofa yang bernilai tinggi. Untuk mengembangkan kerajinan limbah drum tersebut, Bank Sampah Berkah menggandeng PT Pertamina Lubricants melalui program CSR nya.

Limbah drum yang diberikan PT Pertamina Lubricants langsung dimanfaatkan nasabah Bank Sampah Berkah untuk dikreasikan menjadi sofa yang nyaman. Proses pembuatan satu set sofa tamu sekitar 1 sampai 2 bulan tergantung cuaca karena membutuhkan tahapan pengeringan.

"Sampah yang tadinya tidak ada nilainya kita jadikan bernilai. Selain mengolah limbah drum, Bank Sampah Berkah juga mengelola limbah plastik. Sedangkan nasabah bank sampah merupakan anggota PPSU Tugu Selatan yang juga mengelola sampah botol plastik dan dikumpulkan dalam bentuk tabungan. Selama ini sudah berjalan dan ada nasabah yang tabungannya mencapai Rp 1 Juta," terang Sukarmin, Lurah Tugu Selatan saat pelaksanaan sosialisasi program Bank Sampah Berkah binaan CSR PT Pertamina Lubricants di Halaman Kantor Lurah Tugu Selatan, Rabu (13/11).

Kreativitas pengelolaan limbah drum mendapatkan apresiasi dari Camat Koja, Ade Himawan. "Bank Sampah Berkah adalah bank sampah yang ke 60 di wilayah Kecamatan Koja. Kita kedepankan perubahan mindset dan karakter masyarakat seperti dengan dibentuknya bank sampah yang bertujuan untuk mengurangi sampah dan menambah penghasilan. Kembangkan terus inovasi dan standar mutu suatu produk juga harus diperhitungkan," jelasnya.

Dalam acara sosialisasi tersebut, PT Pertamina Lubricants juga memberikan bantuan peralatan untuk mendukung proses pengerjaan sofa. "Tim Tugu Selatan cukup solid untuk menjawab tantangan kami. Mereka berhasil membuat kerajinan drum bekas dan akan kami beli. Ini baru awal untuk mengembangkan kerajinan drum bekas dan masyarakat bisa menerima manfaatnya. Kita jalin kerjasama untuk membesarkan kerajinan ini hingga tahun 2021 dan membantu pemasarannya," ungkap Yus Ardianto, Manager Production Unit Jakarta PT Pertamina Lubricants.